PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI PROMOSI UMKM

  • Dewi 'Izzatus Tsamroh Universitas Merdeka Malang
  • Sudjatmiko Sudjatmiko Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Merdeka Malang
  • Muhammad Ilham Abednego Elsa C. Universitas Merdeka Malang
  • Muhammad Yoka Bimantara Universitas Merdeka Malang
  • Mokhamad Rizki Firdiansyah Universitas Merdeka Malang
  • Dhoris Agritia Siskuhita Universitas Merdeka Malang
  • Mohammad Iqbal Juan Saputra Universitas Merdeka Malang

Abstract

Pandemi covid-19 telah dinyatakan oleh presiden RI sebagai bencana nasional non-alam yang telah berlangsung selama 2 tahun. Hingga akhir tahun 2021, banyak bermunculan varian baru virus corona meskipun kasus sempat menurun. Berdasarkan situasi ini, maka pemerintah tetap menerapkan pembatasan (PPKM) dan menggalakkan protokol kesehatan. Dampak yang dirasakan oleh masyarakat dengan adanya PPKM ini dirasakan oleh para pelaku UMKM, yang mana banyak diantara mereka yang mengalami penurunan omzet. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: 1) melakukan pemberdayaan masyarakat melalui penerapan digital marketing; 2) membantu promosi UMKM melalui media sosial. Kegiatan ini dilakukan melalui pembuatan video kegiatan dan poster sebagai sarana sosialisasi, edukasi, dan promosi. Diseminasi video dilakukan melalui kanal Youtube, dimana dalam kegiatan ini video diunggah melalui kanal Youtube LPPM Universitas Merdeka Malang. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menyebarluaskan informasi dengan konten yang menarik sehingga diharapkan mudah dipahami dan dikenal oleh masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azanella, L. A. (2022). Kasus Harian Covid-19 di Indonesia Meningkat Saat Tes Menurun. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2022/06/12/143000565/kasus-harian-covid-19-di-indonesia-meningkat-saat-tes-menurun?page=all

Hastuti, P., Harefa, D. N., & Napitupulu, J. I. M. (2020). Tinjauan Kebijakan Pemberlakuan Lockdown, PHK, PSBB sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19 Terhadap Stabilitas Sistem Moneter. Prosiding Webinar Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.

Laksmana, D. S., & Setyawan, A. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Media Sosial Sebagai Media Promosi UMKM Era New Normal di Desa Gunungsari, Kecamatan Kasreman, Kabupaten Ngawi. Buletin Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.21107/bpmd.v1i1.12016

Mukarom, F. (2021). Bupati Kediri Beri Peringatan 10 Kafe di Pare yang Langgar Aturan PPKM Darurat.
Surya.Co.Id. https://surabaya.tribunnews.com/2021/07/12/bupati-kediri-beri-peringatan-10-kafe-di-pare-yang-langgar-aturan-ppkm-darurat

Ngadi, N., Meliana, R., & Purba, Y. A. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap PHK dan Pendapatan Pekerja di Indonesia. Jurnal Kependudukan Indonesia, 2902, 43. https://doi.org/10.14203/jki.v0i0.576

Pasaribu, R. (2020). Optimalization of Online Media As a Solution for MSME Marketing Promotion in Semarang Through Covid-19 Pandemic. Jurnal Komunikasi Dan Media, 01(01), 33–44.

Rizal, J. G. (2020). 5 Bisnis Rumahan yang Menjanjikan di Masa Pandemi Covid-19. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/31/120400765/5-bisnis-rumahan-yang-menjanjikan-di-masa-pandemi-covid-19?page=2

Tsamroh, D. I., Wijaya, N. D. P., & Sugeha, A. Z. (2021). Penilaian Risiko Penularan Covid-19 pada Peserta Didik di Kampung Inggris Menggunakan Aplikasi InaRisk. Seminar Nasional Abdimas Ma Chung, 231–239.
Published
2022-06-27
How to Cite
TSAMROH, Dewi 'Izzatus et al. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PADA MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI PROMOSI UMKM. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 210-220, june 2022. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/1825>. Date accessed: 05 may 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v6i1.1825.