PKM PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU DI SDLB BINA WIYATA PUTRA

  • Amalia Risqi Puspitaningtyas Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Vidya Pratiwi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Media pembelajaran memiliki peranan yang penting dalam kegiatan belajar mengajar. Media pembelajaran merupakan alat bantu yang memudahkan guru dalam menyampaikan materi pelajaran kepada siswa. Dalam proses belajar mengajar guru tidak bisa menyamakan antara mengajar anak normal dengan anak berkebutuhan khusus, karena kebutuhan keduanya sangat berbeda dalam pembelajaran. Anak berkebutuhan khusus perlu penangan khusus terkait pemberian materi, sehingga guru harus selektif dalam menggunakan media pembelajaran.  Materi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus memerlukan kreativitas yang ekstra dan media pembelajaran yang benar-benar menarik agar potensi yang sudah ada pada anak dapat berkembang lebih optimal. Anak berkebutuhan khusus mengalami kesulitan dalam hal-hal yang berhubungan dengan belajar karena kemampuan atensi, metacognition, memory, dan generalisasi yang lambat dibandingkan dengan anak normal. Masalah ini dapat berasal dari lemahnya kemampuan persepsi dan menilai (judgement) suatu ingatan yang sudah disimpan dengan keadaan saat ini. Kemampuan dalam menggunakan ingatan jangka pendek yang lemah pada anak berkebutuhan khusus. Salah satu ciri anak berkebutuhan khusus adalah perkembangan bahasa yang miskin, kekurangan dalam pendengaran sehingga kemampuan umum untuk mengadakan komunikasi verbal kesulitan. Dengan kekurangan yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus maka guru harus lebih inovatif menggunakan media pembelajaran. Permasalahan yang ada saat ini yaitu guru kurang inovatif dalam membuat media pembelajaran, yang hanya masih menggunakan media sederhana yaitu menggunakan papan tulis, sehingga anak dalam pembelajaran kurang bisa menerima dengan baik apa yang guru sampaikan. Dengan adanya PKM ini sekolah mampu meningkatkan keterampilan guru dalam memberikan materi dengan menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik  sehingga anak berkebutuhan khusus bisa menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azhar Arsyad. (2006). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Delphie, bandhi. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Setting Pendidikan Inklusi. Sleman: Intan Sejati klaten, 2009

I.G.A.K. Wardani, dkk. (2008). Pengantar Pendidikan Anak Luar Biasa. Jakarta : Universitas Terbuka.

Yosfan Azwandi. (2007). Media Pembelejaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta:DepDikNAs,DitjenDikti, Direktorat Ketenagaan
Published
2022-03-28
How to Cite
PUSPITANINGTYAS, Amalia Risqi; PRATIWI, Vidya. PKM PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BAGI GURU DI SDLB BINA WIYATA PUTRA. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 165-175, mar. 2022. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/1625>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v6i1.1625.