PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM DI KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO

Digital Marketing

  • Retno Sulistiyowati Universitas Panca Marga Probolinggo
  • Novita Lidyana Universitas Panca Marga
  • Dewi Anggun Oktaviani Universitas Panca Marga Probolinggo

Abstract

Pemasaran tradisional mulai ditinggalkan, berganti digital marketing. Digital marketing bagi sebuah usaha merupakan bagian yang sangat penting saat ini, tak terkecuali bagi UMKM. Selain harus memproduksi produk dengan memiliki kualitas yang baik, peranan digital mareketing juga sangat dibutuhkan. Apalagi kondisi pandemi saat ini, yang memungkinkan konsumen membeli semua kebutuhan melalui digital marketing atau media sosial. Kondisi ini yang membuat pelaku UMKM yang tidak semua memiliki kemampuan tersebut.  Hal inilah yang menjadi tujuan diadakan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen dan Tim KKN Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah ceramah, pelatihan dan diskusi. Pelaku UMKM di Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo sejumlah 10 orang yang terpilih melalui kegiatan observasi yang menjadi peserta pada kegiatan ini.  Hasil yang didaptkan adalah 90% peserta menyatakan puas atas pelaksanaan kegiatan ini, dan peserta mengetahui dan memahami manfaat penggunaan media sosial (instagram) yang dapat digunakan sebagai sarana digital marketing

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrilia, A. M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran “Waroenk Ora Umum” Dalam Meningkatkan Jumlah Konsumen. Jurnal Riset Komunikasi, 1(1), 147–157. https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21

Givan, B., Indrawan, H. E., & Siagian, A. O. (2020). Pelatihan Membuat Business Plan Bagi Pemuda Karang Taruna RW 01 Pinangsia Taman Sari Jakarta Komunitas Karang Taruna RW 01 Pinangsia Taman Sari Jakarta Barat memiliki. 1(2), 69–78.

Hapsoro, B. B. (2019). Peran Digital Marketing sebagai Upaya Peningkatan Omset Penjualan Bagi Klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 23(2), 117–120.

Hendratni, T. W. (2021). Pelatihan Digital Marketing sebagai upaya peningkatan Pendapatan Bagi UMKM di kabupaten MBS. BERDAYA: Jurnal Pendidikan Dan …, 3, 59–66. https://doi.org/10.36407/berdaya.v3i2.348

Nisa, P. C., & Tamzil, F. (2021). Strategi Digital Business Untuk Umkm. Abdimas, 7(4).

Sulaksono, J. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4(1), 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906
Published
2022-03-29
How to Cite
SULISTIYOWATI, Retno; LIDYANA, Novita; OKTAVIANI, Dewi Anggun. PELATIHAN DIGITAL MARKETING BAGI PELAKU UMKM DI KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 176-182, mar. 2022. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/1476>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v6i1.1476.