THE OPTIMALISASI ASSESSMENT DAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DASAR DI ABAD 21

  • Tita Tanjung Sari Universitas Wiraraja
  • Ach. Puniman Universitas Wiraraja

Abstract

Kegiatan pengabdian masyrakat ini berkerjasama dengan Hima Eeco Program Studi Pendidikan guru sekolah dasar Universitas Wiraraja untuk mennyelenggaran virtual workshop dengan tema “Optimalisasi Assessment Dan Gerakan Literasi Sekolah Dasar Di Abad 21”. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan wawasan betapa pentingnya pembelajaran literasi pada sekolah dasar (2) bagaimana strategi untuk mengoptimalisasikan rubrik evaluasi (Assessment) dan gerakan literasi pada abad 21. Setiap generasi memiliki tantangan tersendiri yang harus di tangani dengan strategi yang tepat agar mereka dapat berkembang sesuai dengan zamannya. Generasi Alpha yang sangat dekat dengan teknologi, mereka sudah terbiasa untuk mendapatkan informasi secara instandengan bantuan pencarian melalui internet. Ini menjadi tantang tersendiri bagi pendidik generasi Alpha. Bersaing dengan teknologi bukanlah cara yang baik untuk mendidik generasi Alpha, justru akan lebih baik jika pendidik generasi Alpha berteman dengan teknologi. Memang tidak mudah, untuk itu dibutuhkan edukasi untuk dapat menentukan strategi yang tepat dalam proses belajar mengajar generasi Alpha dan cara Menyusun evaluasi yang tepat. Workshop ini dilakukan secara virtual, sehingga tidak menutup kemungkinan setiap guru, calon guru, dan orang tua siswa dapat belajar bersama dalam kegiatan ini. Pelaksanaan virtual workshop dilaksanakan pada Sabtu, 28 Agustus 2021. Virtual workshop tersebur diikuti oleh 127 peserta yang berasal dari berbagai daerah. Penyusunan strategi pembelajaran generasi alpha tidak terlepas pada pembelajaran literasi pada tingkat Sekolah Dasar. Pembelajaran literasi sangat penting bagi siswa karena akan menjadi keterampilan pondasi awal bagi siswa untuk belajar di tingkat selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arrochman, I. (2020). TANTANGAN POLA ASUH ANAK USIA DINI PADA GENERASI ALFA. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 11, 2020. http://e-jurnal.stitqi.ac.id/index.php/itibar/article/view/220

Khotimah, K., Akbar, S., & Sa’dijah, C. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(11), 1488–1498. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/EISSN: 2502-471X DOAJ-SHERPA/RoMEO-Google Scholar-IPI%0AJurnal

Lubis, D., & Umardin, Y. (2017). Family Guide: Alpha Generation is ON ! PT. Ceria Creative Indonesia.

Muhammad, G. M. R. G. M. G. (2020). Pendidikan Karakter Gemar Membaca Melalui Gerakan Literasi Sekolah. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 10–20.

Novianti, R., Hukmi., & Ilga, M. (2019). GENERASI ALPHA – TUMBUH DENGAN GADGET DALAM GENGGAMAN Oleh : Jurnal Educhild (Pendidikan & Sosial), 8(2), 65–70. file:///C:/Users/user/Downloads/7667-16088-1-SM.pdf

Oktavianti, I., Zuliana, E., & Ratnasari, Y. (2017). Menggagas Kajian Kearifan Budaya Lokal di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional, 1(1), 35–42. https://unikom.journal.ac.id/

Purnama, S. (2018). Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha AH-PIECE. Al Hikmah Proceedings an Islamic Early Childhood Education, 1(April), 493–502.

Putra, Y. S. (2016). generasi alpha. Among Makarti, 9, 123–134.

Sari. (2020). Mendidik Generasi Alpha dalam Membangun Sikap Mandiri, Sosial, dan Tanggung Jawab. In Skripsi.
Published
2022-11-21
How to Cite
SARI, Tita Tanjung; PUNIMAN, Ach.. THE OPTIMALISASI ASSESSMENT DAN GERAKAN LITERASI SEKOLAH DASAR DI ABAD 21. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 370-379, nov. 2022. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/1453>. Date accessed: 07 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v6i2.1453.