PELATIHAN PERANCANGAN DRIP IRIGATION SEBAGAI TEKNIK PENYIRAMAN EFEKTIF PADA LAHAN KERING

  • Nanda Novita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Malikussaleh
  • Fakhrah Fakhrah Universitas Malikussaleh
  • Ratna Unaida Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Malikussaleh
  • Riska Imanda Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Malikussaleh

Abstract

Pelatihan perancangan drip irrigation dilakukan sebagai teknik penyiraman yang efektif dan efisien serta solusi mengatasi kekurangan air pada lahan kering di Desa Paloh Gadeng. Sebelum pelaksanaan kegiatan pengabdian terlebih dahulu dilakukan survei lahan dan perizinan serta menentukan kelompok tani yang terpilih sebagai sasaran kegiatan pengabdian. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan melalui tiga tahap.Tahap pertama adalah sosialisasi dan diskusi. Tahap kedua adalah persiapan alat dan bahan serta pelatihan perancangan alat drip irigation. Tahap ketiga adalah penggunaan dan pemasangan alat drip irigation pada lahan yang telah dipersiapkan. Pada akhir kegiatan dilakukan evaluasi untuk melihat respon peserta terhadap pelaksanaan kegiatan. Secara umum pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang sudah dilakukan mendapat respon positif dari peserta yang terlibat dimana dalam kegiatan ini adalah petani. Nilai respon rata-rata dari peserta sebesar 56% sangat setuju dan 44% setuju. Hasil ini menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan sangat bermanfaat, sesuai dengan kebutuhan, meningkatkan ketrampilan, memberikan solusi terhadap permasahan yang dihadapi mitra.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ekaputra, E. G., Yanti, D., Saputra, D., & Irsyad, F. (2017). Rancang Bangun Sistem Irigasi Tetes untuk Budidaya Cabai (Capsicum Annum L.) dalam Greenhouse di Nagari Biaro, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Jurnal Irigasi, 11(2).

Krisyuniawan, M. D., & Gunawan, T. A. (2020). Pelatihan Pembuatan Irigasi Tetes Sederhana Guna Meningkatkan Hasil Lahan Talas Di Kampung Kiringan Baru. Abdipraja (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1).

Mustofa A, Yulius E, & Paryati N. (2020). Uji Kinerja Emitter pada Sistem Irigasi Tetes. 8, 105–112.

Ridwan D. (2013). Model Jaringan Irigasi Tetes Berbasis Bahan Lokal Untuk Pertanian Lahan Sempit. 8, 90–98.
Sapei A. (2006). Irigasi Tetes (Drip/Trickle Irrigation). (A. Sapei, Ed.).

Udiana I M, Bunganaen W, & Padja R A. Pa. (2014). Perencanaan Sistem Irigasi Tetes (Drip Irrigation) Di Desa Besmarak Kabupaten Kupang . 3, 63–76.

Widiastuti, I., & Susilo Wijayanto, D. (2018). Design of a Drip Irrigation System for the Dragon Fruit Cultivation. Jurnal Keteknikan Pertanian, 6(1).
Published
2021-12-01
How to Cite
NOVITA, Nanda et al. PELATIHAN PERANCANGAN DRIP IRIGATION SEBAGAI TEKNIK PENYIRAMAN EFEKTIF PADA LAHAN KERING. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 367-378, dec. 2021. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/1355>. Date accessed: 16 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v5i2.1355.
Section
Articles