PELATIHAN PEMBUATAN TERUMBU BUATAN BERBASIS ECO-FRIENDLY SEBAGAI SARANA REHABILITASI TERUMBU KARANG DI DAERAH PANTAI WISATA PASIR PUTIH, SITUBONDO

  • Agung Prasetyo Utomo Jurusan Teknik Bangunan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Mirna Apriani Jurusan Teknik Permesinan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Ruddianto Ruddianto Jurusan Teknik Bangunan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Luqman Cahyono Jurusan Teknik Permesinan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Anggara Trisna Nugraha Jurusan Teknik Kelistrikan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Mochammad Ilham Nugroho Jurusan Teknik Bangunan Kapal, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan memiliki keanekaragaman hayati terbesar di dunia, hal ini disebabkan karena adanya keunikan topografi dasar laut Indonesia. Salah satu keanekaragaman spesies yang ada adalah 950 biota terumbu karang sebagai habitat dan ekosistem laut. Terumbu karang berfungsi sebagai tempat memijah biota laut, pelindung gempuran ombak bagi pantai dan bernilai estetika. Pantai wisata Pasir Putih Situbondo termasuk andalan tempat wisata di Jawa Timur. Pantai ini memiliki terumbu karang yang berada pada nilai 23-49% yang termasuk ke dalam kategori rendah. Pantai di Situbondo ini memiliki dua site dalam kondisi baik dan dua site dalam kondisi cukup. Agar kondisi terumbu karang meningkat menjadi kategori sangat baik dan mencegah adanya kerusakan, diperlukan upaya untuk melakukan rehabilitasi. Salah satu upaya dapat dilakukan menggunakan terumbu karang buatan dari cangkang kerang dan beton yang dihasilkan dari masyarakat sekitar pantai. Pemberdayaan masyarakat perlu dilakukan untuk mendukung pelestarian terumbu karang yang dapat mempengaruhi keberadaan ikan dan biota laut lainnya. Pemberdayaan masyarakat ini difokuskan pada aktivis lingkungan, kelompok masyarakat pengawas (pokmaswas), serta masyarakat di daerah lingkungan wisata Pasir Putih diawali dengan pembekalan pengalaman dan ketrampilan dalam pembuatan terumbu karang berbasis eco-friendly. Kegiatan meliputi penyampaian materi secara hybrid (luring dan daring), praktik pembuatan terumbu buatan, penenggelaman hasil terumbu buatan dan monitoring.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhwady, R., & Bayuaji, R. 2017. The Influence of Clamshell on Mechanical Properties of NonStructure Concrete as Artificial Reef. Asian Journal of Applied Sciences, Volume 05(02).

Hadi, T, A., Giyanto, Prayudha, B., Hafitz, M., Budiyanto, A., Suharsono. 2018. Status Terumbu Karang Indonesia. Jakarta : Puslit Oseanografi - LIPI.

Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP). 2017. KKP news about World Ocean Summit Panel “What Comes Next: A Call for Commitments on February, 24 2017.available from: http://news.kkp.go.id.

Luthfi, O. M., & Yamindago, A. 2008. Telaah Struktur Komunitas Terumbu Karang Sebagai Studi Awal Program Rehabilitasi Terumbu Karang Di Perairan Pasir Putih Situbondo. Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan, Universitas Brawijaya, Malang.

Muthahharah, A., & Adiwibowo, S. 2017. Dampak Obyek Wisata Pantai Pasir Putih Situbondo terhadap Peluang Bekerja dan Berusaha. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, Volume (2): 157-166.

Ruddianto., Utomo, P.A., Sumardiono., Abdullah, K., Wulandari, K.D., Workshop Online Pembuatan Kapal Kecil Untuk Nelayan Dikabupaten Situbondo

Saptarini, D., Aunurohim, & Fahlusi, N.I. 2010. Komposisi dan kelimpahan Larva invertebrate Planktonok pada Tiga Desain Terumbu Buatan di Pantai Pasir Putih, Bungatan, Situbondo, Jawa Timur. Jurusan Biologi, Institut Teknologi Sepeuluh Nopember Surabaya

Saputra, S. A., Ignasius Pramana Yuda, & Felicia Zahida. 2016. Keanekaragaman dan Penutupan Terumbu Karang di Pantai Pasir Putih Situbondo, Jawa Timur. Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Published
2021-12-03
How to Cite
UTOMO, Agung Prasetyo et al. PELATIHAN PEMBUATAN TERUMBU BUATAN BERBASIS ECO-FRIENDLY SEBAGAI SARANA REHABILITASI TERUMBU KARANG DI DAERAH PANTAI WISATA PASIR PUTIH, SITUBONDO. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 299 - 312, dec. 2021. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/1340>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v5i2.1340.
Section
Articles