PENANGANAN PROBLEMATIKA MASYARAKAT DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk kebijakan dan mengedukasi masyarakat untuk melakukan pencegahan Covid-19 dengan tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan menjaga jarak (physical distancing), mencuci tangan, memakai masker dan tetap menjaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi vitamin. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat akan memberi peran penting untuk mendukung program pemerintah dalam menangani Covid-19. Kegiatan ini melibatkan masyarakat sekitar empat kecamatan yaitu pakuniran, paiton, besuk dan kotaanyar. Sehingga memerlukan edukasi tentang pencegahan Covid-19 untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. Program yang akan diadakan di empat kecamatan yaitu pembagian masker dan handsanitizer sebagai bentuk sosialisasi sehingga masyarakat memiliki kesadaran pentingnya menerapkan protokol kesehatan yang berguna untuk memutus rantai penularan Covid-19. Salah satu hal yang dapat memicu penyebaran Covid-19 yaitu kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terkait pentingnya menerapkan protokol kesehatan dan kurangnya edukasi terhadap pencegahan virus Covid-19. Sehingga Pengabdian mahasiswa Universitas Panca Marga dalam kegiatan KKN tahun 2021 ini berfokus pada upaya penanganan dampak pandemi COVID-19 di masyarakat dan penyuluhan tentang pernikahan sirri di desa bocor kecamatan kotaanyar. Pandemi COVID-19 berdampak sangat luas pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat: ribuan orang berpotensi terjatuh ke dalam kemiskinan, kekurangan gizi, banyak usaha kecil terancam gulung tikar, serta anak-anak usia sekolah yang drop-out. Pengabdian masyarakat dilakukan dengan meluncurkan program-program kegiatan mencangkup aspek-aspek bidang yang terdampak antara lain bidang pendidikan, UMKM dan kesehatan.
Downloads
References
Feehan, Jack, & Vasso Apostolopoulos. (2021). Is Covid-19 the worst pandemic?. Maturitas, 149, 56-58.
Maulana, Muh Abdillah. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Siswa Kelas X IPA Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Biodiversitas. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 85-95.
Moira Chan-Yeung, dan Rui-Heng Xu. (2003). SARS: epidemiology. Respirology, 8, S9–S14.
Nasruddin, Rindam., & Islamul Haq. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(7), 639-648.
Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).
Sari, Melani Kartika. (2020). Sosialisasi tentang Pencegahan Covid-19 di Kalangan Siswa Sekolah Dasar di SD Minggiran 2 Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Jurnal Karya Abdi, 4(1), 80-83.
Sorci, Gabrielle, Bruno Faivre dan Serge Morand. (2020). Explaining among-country variation in COVID-19 case fatality rate. Scienific Reports, 10(1), 1–11.
Universitas Panca Marga. Pedoman Kuliah Kerja Nyata Daring Tematik Covid-19 Tahun Akademik 2020/2021. Universitas Panca Marga Probolinggo, 2021.
Wasia, Sitti. (2020). Laporan. FKIP, Administrasi Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Kendari Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19 Di SAMAN 1 Lambandia., Kendari.
World Health Organisation. (2019). Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-CoV). Tersedia pada : https://www.who.int/en/news-room/fact-sheets/detail/middle-east-respiratory-syndrome-coronavirus-(mers-cov) [16 Agustus 2021].
World Health Organisation. (2020). Coronavirus disease (COVID-19). Tersedia pada : https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019/question-and-answer-hub/q-a-detail/coronavirus-disease-covid-19 [16 Agustus 2021]
World Health Organisation. (2020). WHO Coronavirus Disease (COVID-19) Dashboard. Tersedia pada : https://covid19.who.int/ [16 Agustus 2021].
World Health Organisation. (2020). WHO Coronavirus Disease (COVID-19) Dashboard. Tersedia pada : https://covid19.who.int/region/searo/country/id [16 Agustus 2021].