OPTIMALISASI TAMAN BACA GAMPONG BUKU PAGA DALAM UPAYA MENGGALAKKAN GERAKAN LITERASI MASYARAKAT DI DESA PAYA GABOH
Abstract
Sebelum Covid-19 Warga Desa Paya Gaboh memiliki kegiatan harian seperti pengajian bagi anak-anak, pemuda-pemudi dan ibu/bapak, kegiatan olahraga seperti sepakbola, bolavolly dan lain-lain. Pada masa pandemi seperti sekarang ini kegiatan-kegiatan tersebut sedikit dibatasi, sehingga disela-sela aktivitas, masih terdapat beberapa warga yang kurang memanfaatkan waktu, hal ini terlihat banyaknya anak-anak yang hanya duduk-duduk di balai dan di warung-warung dengan bermain HP. Selain itu di Desa Paya Gaboh belum memiliki sebuah pustaka atau ruang yang berisi kumpulan buku-buku yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk membaca sebagai upaya membentuk wawasan yang luas dan memanfaatkan waktu luang dengan hal yang bermanfaat, untuk itu diperlukan taman/ruang baca gampong dalam upaya menggalakkan gerakan literasi msyarakat di desa tersebut. Adapun metode yang digunakan dalam pengabdian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: Tahapan pertama, melakukan pendekatan masyarakat; Tahap kedua, malakukan pengambilan data awal; Tahap tiga, melakukan identifikasi masalah; Tahap keempat, melakukan analisa dari setiap masalah; Tahap terakhir, menentukan solusi. Solusinya adalah membentuk sebuah taman baca gampong. Luaran yang dihasilkan dalam pengabdian ini yaitu Taman Baca Gampong Buku Paga. Adapun hasil evaluasi diperoleh presentase rata-rata diatas 85% peritemnya, menunjukkan bahwa program taman baca dapat digunakan dengan baik. Kemudian tentang minat baca diperoleh presentase diatas 86% peritemnya, itu menunjukkan bahwa minat baca masyarakat bagus. Dan yang terakhir mengenai parstisipasi masyarakat mendapat presentase rata-rata diatas 92% peritemnya, hal ini menunjukkan bahwa masyarakat senang dan antusias sehingga banyak yang ikut berpartisipasi dalam taman baca tersebut. Dengan demikian taman baca yang telah dibuat dalam kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat bagi masyarakat gampong Payah Gaboh
Downloads
References
Eti Sumiati, Wijonarko. 2020. Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat Dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19, Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2) 2020, 65-80
Juditha, C. 2014. Tingkat Literasi Media Masyarakat Di Wilayah Perbatasan Papua, Journal Communication Spectrum, 3(2) : 107-120
Marhami, Lukman, I.R., & Muliani, 2020. Pengantar Literasi Sains dan Numerasi Penunjang Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Banten: CV.AA. Rizky
Novita, N., Marhami, Sakdiyah, H., & Muliani. 2021. Pengembangan Kompetensi Literasi Digital Pada Guru untuk Optimalisasi Pembelajrana Jarak Jauh (PJJ), MANTAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1): 51-58
Sanusi., Prasetyo, A. 2019. Pengenalan Gerakan Literasi Pada Masyarakat, Jurnal Pkm: Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2): 162-166
Sutrisna, I. P. G. 2020. Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 8(
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.