PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI RUMAH BIMBEL SEBAGAI SOLUSI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Aklimawati Aklimawati Universitas Malikussaleh
  • Yeni Listiana Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Malikussaleh
  • Erna Isfayani Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Malikussaleh
  • Wulandari Wulandari Prodi Pendidikan Matematika, Universitas Malikussaleh

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menghadirkan ”Rumah Bimbel”  sebagai solusi kesulitan belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terdiri dari (1)  penyediaan fasilitas ”Rumah Bimbel” yaitu Balai Pengajian Miftahul Jannah, Uteun Geulinggang, Dewantara, (2) penyajian materi (3) pelatihan pengerjaan soal-soal latihan, (4) Diskusi melalui tanya jawab. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode ceramah, dialogis, dan pelatihan. Dari hasil angket penilaian siswa terhadap “Rumah Bimbel”, sebanyak 82,61% (38 orang) siswa mengatakan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan di Rumah Bimbel sangat menarik, sebanyak 86,96% (40 orang) siswa mengatakan bahwa pembelajaran melalui “Rumah Bimbel” membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar, serta sebanyak 91,31% (42 orang) mengatakan bahwa “Rumah Bimbel” membuat siswa lebih memahami materi yang diajarkan. Dari hasil pengabdian kepada masyarakat ini, diperoleh hasil bahwa (1) “Rumah Bimbel” dapat menjadi solusi kesulitan siswa dalam memahami materi pelajaran di sekolah yang diajarkan secara daring selama masa pandemic Covid-19, (2) “Rumah Bimbel” hadir sebagai sarana bimbingan belajar untuk membantu siswa memahami pelajaran sekolah selama masa pandemic Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustino, L. (2020). Analisis Kebijakan Penanganan Wabah Covid-19. Jurnal Borneo Administrator, 253-270.

Ahyar, J. (2020). Kerjasama Mahasiswa Memutuskan Rantai Penyebaran Covid-19 Di Desa Blang Pulo Dengan Membuat Tempat Cuci Tangan. Lhokseumawe: LPPM Universitas Malikussaleh.

Halijah, N. (2020). Pentingnya kolaborasi guru dan orangtua siswa dalam pembelajaran daring. Riau: In Koran Metro Riau.

Handayani, T., Khasanah, H.N, & Yoshinta, R. (2020). Pendampingan Belajar Di Rumah Bagi Siswa Sekolah Dasar Terdampak Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 107.

Nakayama, M., Yamamoto, H, & S.R. (2007). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Electronic Journal ELearning, Vol 5 (3).

News, U. (2020). Kolaborasi Pengabdian Masyarakat Dosen FT Unimal dalam Upaya Pencegahan Covid-19. Lhokseumawe: Unimal News.

Nugraha, S., Sudiatmi, T, & Suswandari, M. (2020). Studi Pengaruh Daring Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV. Jurnal Inovasi Penelitian, 265-276.
Published
2022-01-18
How to Cite
AKLIMAWATI, Aklimawati et al. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI RUMAH BIMBEL SEBAGAI SOLUSI KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 13-22, jan. 2022. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/1323>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v6i1.1323.