MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DENGAN PENDAMPINGAN BELAJAR PADA SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 DI KOTA PROBOLINGGO

  • Alief Muhammad Universitas Panca Marga
  • Djoko Wahyudi Fakultas Teknik, Universitas Panca Marga
  • Ahmad Izzuddin Fakultas Teknik, Universitas Panca Marga
  • Nur Ahmad Luthfi Fakultas Ekonomi, Universitas Panca Marga

Abstract

Selama masa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), semua orang dituntut untuk dapat mengoperasikan media digital dengan kurang adanya pembelajaran tentang literasi digital yang baik. Panduan penggunaan aplikasi atau media digital saja belum cukup untuk meningkatkan kemampuan siswa-siswi sehingga muncul berbagai permasalahan yang menyebabkan adanya kemunduran prestasi. Kasus ini terjadi pada SD Miftahul Ulum berlokasi di Jalan Cokro Aminoto, Gg III Nomer 26, Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Memberikan tambahan bimbingan belajar dapat membantu mengejar ketertinggalan siswa-siswi dalam mempelajari materi. Namun, belum dapat membantu dalam peningkatan kemampuan menyerap materi pembelajaran. Selain itu, masa pandemi Covid-19 maupun pasca pandemi nanti siswa-siswi dituntut untuk memiliki kemampuan literasi digital yang tinggi. Kegiatan yang dilakukan telah direncanakan dan disusun menjadi enam tahap, yaitu tahap persiapan, asesmen, bimbingan belajar, pendampingan, implementasi, dan evaluasi. Melalui enam tahap tersebut, hanya terdapat dua jenis kegiatan utama yang dilakukan. Pertama, kegiatan bimbingan belajar bagi siswa-siswi yang kesulitan memahami materi pembelajaran akibat dampak pandemi Covid-19. Kedua, kegiatan pendampingan dalam memberikan pengetahuan mengenai literasi digital terhadap siswa-siswi. Setelah seluruh tahap kegiatan dilakukan, siswa-siswi yang mengalami kemunduran materi dapat kembali menyusul dengan baik. Selain itu, kemampuan siswa-siswi dalam memanfaatkan media digital juga semakin baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidah, A., Hidaayatullaah, H. N., Simamora, R. M., Fehabutar, D., & Mutakinati, L. (2020). The Impact of Covid-19 to Indonesian Education and Its Relation to the Philosophy of “Merdeka Belajar.” Studies in Philosophy of Science and Education, 1(1), 38–49. https://doi.org/10.46627/sipose.v1i1.9

Damayanti, G. A., Rahmawati, D., Milenda, S. S., & ... (2021). Improving Digital Literacy of Elementary School Students with Matriks. 45–50. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/12538

Ediati, A., Rahmandani, A., Kahija, Y. F. La, Sakti, H., & Kaloeti, D. V. S. (2018). Program Peningkatan Literasi Media Digital Terintegrasi Pada Siswa Melalui Psikoedukasi Orangtua dan Guru Di Sd Negeri Tembalang Semarang. Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian Pada Masyarakat, 1, 424–428.

Hamid, R., Sentryo, I., & Hasan, S. (2020). Online learning and its problems in the Covid-19 emergency period. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 86–95. https://doi.org/10.21831/jpe.v8i1.32165

Kominfo. (2020a). Digital Competitiveness Index (2020). Website Kementerian Komunikasi Dan Informatika.

Kominfo. (2020b). Indeks literasi digital nasional (2020). Website Kementerian Komunikasi Dan Informatika.

Pujaningsih, N. N., & Sucitawathi, I. G. A. A. D. (2020). Penerapan Kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) dalam Penanggulangan Wabah Covid-19 di Kota Denpasar. Moderat, 6(3), 458–470.

Rahmaniar, A. W., & Lestari, M. T. (2019). Strategi Komunikasi dalam Sosialisasi Program Literasi Digital Melalui Media Sosial Instagram Kementrian Komunikasi dan Informatika. E-Proceeding of Management, 6 No.1(1), 1819–1827.

Sai, M. (2017). Pengaruh model group investigation berbasis internet terhadap hasil belajar dan kemampuan digital literasi siswa. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS; Vol 4, No 1 (2017): MarchDO - 10.21831/Hsjpi.V4i1.9869 . https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/9869

Setyaningsih, R., Abdullah, A., Prihantoro, E., & Hustinawaty, H. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM; Vol 3, No 6 (2019): Januari 2019DO - 10.24329/Aspikom.V3i6.333. http://jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/333

Siroj, M. B. (2017). Pengembangan Model Pusat Kajian Literasi Guna Meningkatan Budaya Membaca Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching, 898–906.

Ulum, B., & Fantiro, F. A. (2019). Pemanfaatan Google Apps di era literasi digital pada siswa Sekolah Dasar. Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1 SE-Research). https://doi.org/10.33654/pgsd.v1i1.459

Wibowo, A. D. (2021). Mengenal Literasi Digital. Katadata. https://katadata.co.id/anshar/infografik/61444fc2145f0/mengenal-literasi-digital

Yustika, G. P., & Iswati, S. (2020). Digital Literacy in Formal Online Education: A Short Review. Dinamika Pendidikan, 15(1), 66–76. https://doi.org/10.15294/dp.v15i1.23779
Published
2022-03-21
How to Cite
MUHAMMAD, Alief et al. MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DENGAN PENDAMPINGAN BELAJAR PADA SISWA-SISWI SEKOLAH DASAR TERDAMPAK PANDEMI COVID-19 DI KOTA PROBOLINGGO. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 6, n. 1, p. 54-65, mar. 2022. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/1312>. Date accessed: 22 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v6i1.1312.