PENINGKATAN PEMAHAMAN DOSEN TERHADAP STRATEGI PENULISAN DAN PUBLIKASI ARTIKEL
Abstract
Produktifitas dosen dalam menulis dan menerbitkan artikel ilmiah pada journal bagian yang fundamental untuk membangun reputasi diri dan lembaga pendidikan tinggi. Namun dalam kenyataan, dosen pada berbagai perguruan tinggi masih banyak yang belum memahami strategi penulisan dan publikasi artikel pada Journal. Oleh karenanya, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada dosen dalam menulis dan publikasi ilmiah pada journal. Kegiatan ini dilakukanmelalui workshop dengan langkah-langkah penjelasan konseptual, diskusi dan simulasi. Hasil kegiatan ialah dari sejumlah peserta yang mengikuti kegiatan pada awalnya hanya dua orang yang memiliki pemahaman terkait langkah penulisan dan proses pengiriman naskah artikel ke journal yang ditargetkan, namun setelah diadakannya pelatihan semua peserta telah memiliki kemampuan untuk mengirimkan artikel ke jurnal, kegiatan ini juga menghasilkan peserta yang memiliki berbagai akun yang erat kaitannya dengan peningkatan nilai publikasi, seperti google scholar, research gate, Orcid ID, publon ID.
Downloads
References
Alwiyah, Tahir, I. M., & Sayyida. (2015). Persepsi dosen terhadap penelitian. Proseding Call For Paper, 257–269.
Bailey, D., & Lee, A. R. (2020). An Exploratory Study of Grammarly in the Language Learning Context: An Analysis of Test-Based, Textbook-Based and Facebook Corpora. TESOL International Journal, 15(2), 4–27.
Butsi, F. I., & Nasution, A. (2017). Pelatihan Tips Dan Trik Submit Artikel Ilmiah Di Jurnal Berbasis Online. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 49–51. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v1i1.16
Cao, S., Zeng, Y., Yang, S., & Cao, S. (2021). Research on Python Data Visualization Technology. Journal of Physics: Conference Series, 1757(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1757/1/012122
Fiona Willtsher. (2002). Dealing with Data: Using NVivo in the Qualitative Data Analysis Process. Forum Qualitative Sozialforschung / Forum: Qualitative Social Research, 3(2), Art. 26. http://nbn-resolving.de/urn:nbn:de:0114-fqs0202260
Firmansyah, A., Arham, A., & Qadri, R. A. (2020). Pelatihan Melalui Web Seminar Terkait Penulisan Artikel Berbasis Bibliographical Research Method Dalam Bidang Akuntansi Untuk Publikasi Pada Jurnal Internasional Bereputasi. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, 4(1), 37–48. https://doi.org/10.36841/integritas.v4i1.564
Gunawan, Mardhia, D., Yahya, F., Kautsari, N., & Masniadi, R. (2020). Penyuluhan Tentang Peluang Dan Tantangan Penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi Di Era Revolusi Industri 4.0. Penyuluhan Tentang Peluang Dan Tantangan Penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi Di Era Revolusi Industri 4.0, 3(2), 27–44.
Ishak, N. M., & Bakar, A. Y. A. (2012). Qualitative data management and analysis using NVivo : An approach used to examine leadership qualities among student leaders. Education Research Journal, 2(3), 94–103.
Lakshmi, J. V. N. (2018). Machine learning techniques using python for data analysis in performance evaluation. International Journal of Intelligent Systems Technologies and Applications, 17(1/2), 3–18. https://doi.org/10.1504/ijista.2018.10012853
Lian, B. (2019). Tanggung Jawab Tridharma Perguruan Tinggi Menjawab Kebutuhan Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 999–1015.
Meo, S., & Talha, M. (2019). Turnitin: Is it a text matching or plagiarism detection tool? Saudi Journal of Anaesthesia, 13(5), S48–S51. https://doi.org/10.4103/sja.SJA_772_18
N, A., Listihana, W. D., & Nofrizal. (2018). Mendeley: Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Dosen. Ethos (Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat), 6(2), 274–281. https://doi.org/https://doi.org/10.29313/ethos.v6i2.3573
Nafilatur Rohmah, Muhammad Huda A.Y, K. (2016). Strategi Peningkatan Kemampuan Dosen dalam Penulisan Karya Ilmiah (Studi Multi Kasus pada UNISDA dan STAIDRA di Kabupaten Lamongan). Jurnal Pendidikan, 1(7), 1312–1322.
Penders, B. (2018). Ten simple rules for responsible referencing. PLoS Computational Biology, 14(4), 1–6. https://doi.org/10.1371/journal.pcbi.1006036
Perdana, I., & Farida, M. (2019). Online Grammar Checkers and Their Use for Efl Writing. Journal of English Teaching, Applied Linguistics and Literatures (JETALL), 2(2), 67–76. https://doi.org/10.20527/jetall.v2i2.7332
Sahoo, K., Samal, A. K., Pramanik, J., & Pani, S. K. (2019). Exploratory data analysis using python. International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering, 8(12), 4727–4735. https://doi.org/10.35940/ijitee.L3591.1081219
Sungur, M. O., & Seyhan, T. Ö. (2013). Writing references and using citation management software. Turkish Journal of Urology, 39(SUPPL. 1), 25–32. https://doi.org/10.5152/tud.2013.050
Yulianto, H. (2018). Peningkatan Partisipasi Riset Bagi Dosen. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 23–29. https://doi.org/10.31960/caradde.v1i1.16
Zamawe, F. C. (2015). The implication of using NVivo software in qualitative data analysis: Evidence-based reflections. Malawi Medical Journal, 27(1), 13–15. https://doi.org/10.4314/mmj.v27i1.4
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.