WORKSHOP PENGUATAN TPACK GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DARING DI MASA NORMAL BARU
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda dunia berdampak besar terhadap dunai pendidikan termasuk di Indonesia. Dampak yang sangat terlihat yaitu diliburkannya siswa-siswa mulai dari jejang pendidikan anak usia dini hingga perguruan tinggi di seluruh wilayah Republik Indonesia, sehingga, guru-guru dituntut untuk merancang pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran daring, namun, tidak semua guru memiliki kesiapan dalam menggunakan teknologi digital untuk mendukung terlaksananya pembelajaran dengan baik, terutama bagi guru-guru sekolah dasar. Beranjak dari persoalan tersebut, tim pengabdian PGSD bidang ilmu matematika melaksanakan workshop pembelajaran matematika daring dalam menghadapi pandemi covid-19 bagi guru-guru sekolah dasar di kecamatan Tambang, Kampar. Workshop ini dilaksanakan pada tanggal 3 – 10 Oktober 2020. Workshop dilaksanakan dengan model blended learning yang terdiri dari 3 pertemuan yaitu 2 daring dan 1 luring. Peserta workshop ini berasal dari 5 sekolah yang ada di kecamatan tersebut dengan rincian 33 orang pada kegiatan pertama secara daring, 51 orang pada kegiatan kedua secara luring, dan 25 pada kegiatan ketiga secara daring. Materi utama workshop ini yaitu terkait dengan pengenalan online learning management system, pembuatan google.classroom, dan google.form untuk kuis. Hasil kegiatan PkM ini menunjukkan bahwa pengetahuan matematika, pedagogik, dan teknologi guru mengalamai peningkatan terutama pada kemampuan membuat soal latihan dan ulangan menggunakan google form.
Downloads
References
Borba, M. C. de C., & Llinares, S. (2012). Online mathematics teacher education: Overview of an emergent field of research. ZDM - International Journal on Mathematics Education, 44(6), 697–704. https://doi.org/10.1007/s11858-012-0457-3
Borba, M. C., Santana, A., & Chiari, D. S. (2018). Interactions in virtual learning environments : new roles for digital technology. Educational Studies in Mathematics, 98(3), 269–286. https://doi.org/10.1007/s10649-018-9812-9
Cahya, I. (2020). Ini Kuota Data yang Terpakai Untuk Group Call Zoom dan Hangout Meet, Sudah Tahu? Merdeka. https://www.merdeka.com/teknologi/ini-kuota-data-yang-terpakai-untuk-group-call-zoom-dan-hangout-meet-sudah-tahu.html
Cahyono, A., & Ludwig, M. (2018). Teaching and Learning Mathematics around the City Supported by the Use of Digital Technology. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.29333/ejmste/99514
Keminfo. (2017). Survey penggunaan TIK serta Implikasinya terhadap aspek sosial budaya masyarakat.
Loong, E. Y.-K., & Herbert, S. (2018). Primary school teachers’ use of digital technology in mathematics: the complexities. Mathematics Education Research Journal, 30, 475–498. https://doi.org/10.1007/s13394-018-0235-9
Mailizar, M., Almanthari, A., Maulina, S., & Bruce, S. (2020). Secondary School Mathematics Teachers ’ Views on E-learning Implementation Barriers during the COVID-19 Pandemic : The Case of Indonesia. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), 1–9.
Putra, Z. H. (2019). Tantangan dan peluang guru SD dalam pembelajaran matematika berbasis teknologi digital di era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 1, 7–19.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.