PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA BAGI GURU SDN TULANGAMPIANG DENPASAR DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Wabah corona virus disease 2019 (Covid-19) yang telah melanda 215 negara di dunia, memberikan tantangan tersendiri bagi lembaga pendidikan, khususnya sekolah dasar dalam keberlangsungan proses pembelajarannya. Tantangan diatas menjadikan timbulnya permasalahan baru bagi SDN Tulangampiang untuk secepat mungkin melakukan perubahan sistem pembelajaran dari konvensional ke pembelajaran secara daring. Situasi pembelajaran di SDN Tulangampiang saat ini, sudah berlangsung secara daring namun dirasakan dan dievaluasi kurang optimal. Solusi yang ditawarkan dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran dengan aplikasi Canva secara daring melalui aplikasi Zoom. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah melalui kegiatan sosialisasi, kegiatan inti berupa pelatihan, dan monitoring serta evaluasi. Hasil dari kegiatan ini adalah. terjadi peningkatan pemahaman peserta tentang aplikasi Canva dengan diindikasikan terjadinya peningkatan nilai dari pretest dan postest serta peserta pelatihan peserta sangat antusias dan senang sehingga dalam proses pelatihan, peserta tidak mengalami kesulitan untuk memahami materi pelatihan.
Downloads
References
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.