PENDAMPINGAN PEMASARAN ONLINE DI UD. MADANI MAKMUR SIDOARJO

  • Khoirul Ngibad Universitas Maarif Hasyim Latif
  • Nambi Sembilu Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo
  • Setiawan Setiawan Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo
  • Intan Syahrani Putri Universitas Maarif Hasyim Latif Sidoarjo

Abstract

Dalam Program Kemitraan Masyarakat ini, kami memilih 1 mitra ekonomi produktif dalam pembuatan sirup herbal (kunyit asem, jahe merah, dan lemon sereh). Permasalahan mitra Program Kemitraan Masyarakat dalam aspek pemasaran adalah mitra belum mengerti cara pemasaran menggunakan digital marketing agar produk mitra dapat dipasarkan secara online ke seluruh wilayah di Indonesia. Tujuan Program Kemitraan Masyarakat ini adalah untuk mengatasi permasalahan prioritas yang sedang dihadapi mitra Program Kemitraan Masyarakat dalam aspek pemasaran adalah memberikan pelatihan dan pendampingan dalam pemasaran produk secara online melalui pembuatan dan pengelolaan website, penggunaan Google AdWords, serta pembuatan dan pengelolaan toko online di Shopee. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan cara penyampaian informasi tentang pentingnya penggunaan digital marketing dalam aspek pemasaran. Kemudian, tim pengabdian masyarakat memberikan pelatihan dan pendampingan tentang penggunaan website, Google AdWords, serta pembuatan dan pengelolaan toko online di Shopee. Hasil yang diperoleh dalam Program Kemitraan Masyarakat ini adalah mitra mempunyai website (http://www.sirupherbalmadani.com)  dan mampu mengelolanya untuk pemasaran online, mitra mampu mengaplikasikan Google Adwords untuk iklan berbayar, serta mitra mempunyai toko online di Shopee (https://shopee.co.id/madani_makmur) dan mampu mengelolanya untuk memaksimalkan pemasaran online.

Downloads

Download data is not yet available.

References

CNN Indonesia. (2020). Panduan Menggunakan Google Ads dari A-Z untuk Pemula. Retrieved from https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200629172120-185-518739/panduan-menggunakan-google-ads-dari-a-z-untuk-pemula

Farell, G., Thamrin, T., & Novid, I. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Pengembangan Pemasaran dan Kewirausahaan UKM pada Kota Sawahlunto. Suluah Bendang: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 19(1), 42–47.

Irianti, N. P., Susanti, R. D. A., Triswidrananta, O. D., & Wijaya, E. M. S. (2021). Peningkatan Omset Penjualan Kelompok Pengrajin Keset melalui Online Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(1), 52–60.

Ngibad, K., Sembilu, N., & Ula, K. (2021). Pelatihan dan Pendampingan dalam Pemasaran Produk Sirup Markisa Melalui Internet Marketing. AMALIAH: Jurnal Pengabdian Kepada MasyarakaT, 5(1), 32–39.

Nurfaizal, Y., & Anwar, T. (2019). Manajemen Usaha dan Pelatihan Digital Marketing UMKM pada KUB Batik Pringmas Desa Papringan Banyumas. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 2(2), 146–154.
Published
2021-12-03
How to Cite
NGIBAD, Khoirul et al. PENDAMPINGAN PEMASARAN ONLINE DI UD. MADANI MAKMUR SIDOARJO. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 209 - 218, dec. 2021. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/1129>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v5i2.1129.
Section
Articles