PEGEMBANGAN UMKM JAJAN SENGAIT DI DESA SADING MELALUI INOVASI BRANDING DAN PACKAGING

  • Ida Ayu Laksmi Nirmala Sari Universitas Pendidikan Nasional
  • Dewa Ayu Putu Adhiya Garini Putri Program Studi Teknik dan Informatika, Universitas Pendidikan Nasional

Abstract

Kekacauan di sektor ekonomi akibat pandemi covid-19 menyebabkan UMKM yang bergerak di sektor produksi makanan Jajan Sengait di Desa Sading, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung mengalami kesulitan mendapatkan penghasilan karena diberlakukannya PPKM yang membuat mereka kesulitan dalam memasarkan produk mereka. Pemasaran yang terbatas dan sederhananya kemasan produk membuat produk kurang menarik dan kurang dikenal masyarakat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut pelaksana merencanakan program yang berkaitan dengan inovasi branding dan packaging dari produk jajan sengait, dimana hal ini bertujuan untuk memperluas pasar. Program ini dimulai dengan membuat logo dan memilih kemasan yang sesuai untuk produk, setelah itu dilanjutkan dengan pembuatkan akun media social Instagram. Hasil setelah dilakukannya program kerja ini, usaha jajan sengait kini memiliki kemasan yang lebih menarik dan dengan dibuatnya akun Instagram sengait.sading membuat usaha ini lebih dikenal dikenal oleh masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kartika, L.G.S., Korry, P.D.P, Putra, I.G.E.W. (2018). Peningkatan Usaha Jajanan Khas Desa Sading Melalui Transfer Teknologi Yang Efektif, 9(1)

Dwijayani,N.M., Pradnyawati, K.D., Yasa, I.W.S.A. Program Kemitraan Masyarakat Usaha Jajanan Tradisional Sengait Tabanan, 1(1), 47-53

Anggia, M. N., & Shihab, M. R. (2018). Strategi Media Sosial Untuk Pengembangan Umkm. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159-170.

Nasution, L.S.W., Nusa. P., Putra. D.S. (2021). Membangkitkan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19, 1(1), 9-18

Putra, I. N. T. A., Kartini, K. S., & Dewi, L. G. K. (2019). Sentuhan Digital Bisnis (Teknologi Informasi) pada UMKM Studi Kasus: Pemasaran Produk Adi Upakara. International Journal of Natural Science and Engineering. 3(2), 79-84.

Setiawati, S.D., Retnasari, M., Fitriawati. D. (2019) Strategi Membangun Branding Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. 2(1), 125-136

Albarran, Allan B. 1996. Media Economics: Understanding Markets, industries, and Concepts. Iowa State University

Purnomo, F. (2019). Program Ladit (Lapak Digital): Optimalisasi Media Digital sebagai Wadah dalam Pengembangan Umkm di Madura. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 89-95

Nata, G.M.N., Suryawan, I.K.D, Yudiastra, P.P. (2018). Peningkatan Produktifitas Industri Rumah Tangga Jajan Tradisional Khas Gianyar. 9(1)

Sunarti, Puspita, H.N., Ernawati, R. (2018). Pengembangan Pemasaran Usaha Kue Tradisional Rumahan Melalui Media E-Commerce. 2(2)
Published
2021-12-03
How to Cite
SARI, Ida Ayu Laksmi Nirmala; PUTRI, Dewa Ayu Putu Adhiya Garini. PEGEMBANGAN UMKM JAJAN SENGAIT DI DESA SADING MELALUI INOVASI BRANDING DAN PACKAGING. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 269 - 276, dec. 2021. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/1072>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v5i2.1072.
Section
Articles