PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK PEMBELAJARAN SAINS PADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK ALQUR’AN (TKQ) DARUL ULUM JABON MEKAR, PARUNG, BOGOR

  • Subekti Nurmawati Program Studi Biologi, Jurusan MIPA, Fakultas Sains dan Teknologi, UT
  • Heny Kurniawati Universitas Terbuka
  • Inggit Winarni Program Studi Biologi, Jurusan MIPA, Fakultas Sains dan Teknologi, UT
  • Budi Prasetyo Program Studi Biologi, Jurusan MIPA, Fakultas Sains dan Teknologi, UT

Abstract

Taman kanak-kanak Alqur’an (TKQ) Darul Ulum Jabon Mekar adalah lembaga pendidikan yang berbasis pada sistem pembelajaran islami. Lembaga pendidikan tersebut telah meluluskan sebanyak 243 siswa/i dengan berbagai prestasi yang membanggakan. Namun demikian kompetensi guru dalam pengajaran sains bagi siswa usia taman kanak-kanak masih dirasa kurang dan  sarana maupun prasarana yang belum memadai untuk mendukung pembelajan sains.Untuk itu perlu dilakukan kegiatan program Pengabdian kepada Masyarakat tentang pemberian materi pelatihan dan praktek kepada para guru berkaitan dengan metode pengajaran sains yang tepat bagi anak-anak TKQ Darul Ulum Jabon Mekar. Tujuan kegiatan PkM meliputi a). mengidentifikasi kebutuhan dan menyiapkan materi multimedia untuk pengajaran tentang sains; b). memberikan pelatihan, pendampingan, dan monitoring kepada para guru dalam pengajaran sains melalui pemanfaatan multimedia; dan c). melibatkan siswa dalam proses pengajaran sains sederhana yang disampaikan oleh guru dengan memanfaatkan multimedia. Metode pelaksanaan meliputi: a). persiapan; b). pelatihan; c). pendampingan; d). monitoring; dan e). evaluasi.Seluruh rangkaian kegiatan pelatihan telah dilaksanakan sehingga proses pembelajaran materi sains di ruang kelas berjalan lancar dan normal, terjadi interaksi dua arah antara para guru dan siswa/i yang dapat menciptakan suasana belajar cukup ideal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asiah, S. (2012). Kemampuan Sains Anak Usia Dini melalui Pembelajaran dengan Keterampilan Proses dan Produk. Al-Fikrah : Jurnal Kependidikan Islam IAIN, 1, 26–36.

Dewi, A. C. (2012). Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Ketrampilan Proses. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(2). https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v1i2.301

Surasmi, W. A. (2016). Pemanfaatan Multimedia untuk Mendukung Kualitas Pembelajaran. Temu Ilmiah Nasional Guru (TING) VIII, November, 593–607. http://repository.ut.ac.id/6555/1/TING2016ST2-32.pdf

Suyanto, S. (2014). Pengenalan Sains Untuk Anak Tk Dengan Pendekatan “Open Inquiry.” Http://Staff.Uny.Ac.Id/Sites/Default/Files/PENGENALAN SAINS UNTUK ANAK TK(1).Pdf, 1–14. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/PENGENALAN SAINS UNTUK ANAK TK(1).pdf

Utami, D. (2011). Animasi Dalam Pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 7(1), 44–52.
Published
2021-12-03
How to Cite
NURMAWATI, Subekti et al. PEMANFAATAN MULTIMEDIA UNTUK PEMBELAJARAN SAINS PADA SISWA TAMAN KANAK-KANAK ALQUR’AN (TKQ) DARUL ULUM JABON MEKAR, PARUNG, BOGOR. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 258 - 268, dec. 2021. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/1060>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v5i2.1060.
Section
Articles