PELATIHAN DARING GAME DEVELOPMENT BAGI SISWA-SISWI TINGKAT SMA MENGGUNAKAN CONSTRUCT 3.0
Abstract
Perkembangan smartphone dan internet memberikan dampak besar pada kehidupan manusia, khususnya pada generasi milenial. Hal ini juga terlihat pada pergeseran trend game console ke game smartphone. Selain itu pada tahun 2020 terjadi pandemic Covid-19 yang membuat pergeseran menjadi semakin cepat. Hal ini menuntut SMA di Indonesia untuk merubah cara belajar mengajar. Pengenalan informatika dirasa menjadi sangat penting. Oleh karena itu SMA Kolese De Britto dan SMA Bopkri Satu bekerjasama dengan Universitas Kristen Duta Wacana untuk mengadakan pelatihan informatika, dengan topik pengembangan game dasar. Kegiatan terbagi menjadi 2 kegiatan utama, yaitu 1 pertemuan webinar dan 4 kali pertemuan workshop. Kegiatan webinar dipromosikan secara umum melalui website UKDW. Kegiatan workshop di utamakan untuk siswa SMA Kolese De Britto dan SMA Bopkri Satu. Pada akhir kegiatan, siswa-siswa dapat mengembangkan beberapa game kreasinya masing-masing menggunakan construct 3.0. Kedua sekolah tertarik untuk melanjutkan kegiatan pelatihan sejenis dengan topik yang lain.
Downloads
References
Nendya, M., Gunanto, S., & Santosa, R. (2015). Pemetaan Perilaku Non-Playable Character Pada Permainan Berbasis Role Playing Game Menggunakan Metode Finite State Machine. Journal of Animation and Games Studies, 185-202.
Oxland, K. (2004). Gameplay and design. Pearson Education.
Raharjo, W., Sebastian, D., Chrismanto, A., & Saputra, L. (2019). Pemanfaatan G Suite for Education untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Mengajar dan Kapasitas Guru SMA. Seminar Nasional hasil Pengabdian kepada Masyarakat (Sendimas) 2019. Semarang.
Rini, M. N., Sebastian, D., & Nugraha, K. A. (2019). Pelatihan Competitive Programming Tingkat SMA untuk Siswa Kelas XII SMA Kolese De Britto. Seminar Nasional hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENDIMAS) 2019. Semarang.
Šag, A., & Orehovački, T. (2019). Development of 2D Game with Construct 2. 2019 42nd International Convention on Information and Communication Technology, Electronics and Microelectronics (MIPRO) (pp. 1647-1652). IEEE.
Scirra Ltd. (2007). Construct 3 Manual. Retrieved from Construct 3: https://www.construct.net/en/make-games/manuals/construct-3
Sebastian, D., Nugraha, K., & Rini, M. (2018). Pendampingan Pembangunan Aplikasi Penilaian Guru SMA Kolese De Britto. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat (Sendimas 2018). 3, pp. 59-65. Jakarta: Universitas Kristen Krida Wacana.
Sebastian, D., Nugraha, K., & Saputra, L. (2021). Webinar dan Workshop Pengenalan Internet of Things (IOT) untuk siswa SMA Kolese De Britto. PATRIA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(2).
Topalli, D., & Cagiltay, N. (2018). Improving programming skills in engineering education through problem-based game projects with Scratch. Computers & Education 120, 64-74.
Wibowo, A., & Santoso, H. (2018). Peningkatan Kapasitas Siswa SMA Bopki 1 Yogyakarta di Bidang Multimedia. Seminar Nasional hasil Pengabdian kepada Masyarakat (SENDIMAS) Ke-4.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.