BIMBINGAN TEKNIS MERANCANG PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DARING DI MASA NORMAL BARU PADA GURU-GURU SEKOLAH DASAR

  • Tika Puspita Widya Rini PGSD, FKIP Universitas Lambung Mangkurat
  • Dessy Dwitalia Sari PGSD, FKIP Universitas Lambung Mangkurat

Abstract

Munculnya wabah covid-19 menjadi suatu transformasi besar bagi dunia khususnya bagi dunia pendidikan dalam melaksanakan pembelajaran yang tidak lagi dilakukan dengan teknik tatap muka tetapi secara daring, sehingga menuntut guru agar memiliki keterampilan dalam bidang teknologi. Oleh sebab itu, diperlukan adanya kegiatan yang dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru yang dapat dibagikan ke seluruh siswa melalui “Bimbingan Teknis Merancang Pembelajaran Interaktif  Berbasis Daring di Masa Normal Baru Pada Guru-Guru Sekolah Dasar”. Metode pendekatan yang digunakan adalah luring dan daring, dimana metode luring dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek langsung. Sedangkan metode dalam jaringan dilakukan dengann menggunakan aplikasi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan bimbingan teknis adalah tingginya antusian, tingkat keaktifan dan kerjasama antaranggota kelompok. Selain itu, hasil pretest dan posttest menunjukkan terdapat kenaikan dari rerata pretest sebesar 50,4 menjadi 82 dalam posttest. Simpulan dari hasil kegiatan ini menunjukkan keberhasilan akan kegiatan bimbingan teknis, dan perlu adanya kegiatan serupa untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para guru khususnya dalam merancang pembelajaran interaktif berbasis daring di masa normal baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Belawati, T. (2019). Pembelajaran Online. Banten: Universitas Terbuka.

Ewa, Zarykca-Piskorz (2016) Kahoot It or Not? CanGames Be Motivating in Learning Grammar? TeachingEnglishwithTechnology, v16 n3 p17-36 2016 (http: //eric.ed.gov/?id+EJ1135685, diakses 24 September 2020)

Gloria, Irma, & Soedewo, Tatie.(2018). Penggunaan Media Kahoot! Dalam Pembelajaran Struktur Bahasa Inggris. Seminar Nasional Teknologi Terapan Berbasis Kearifan Lokal (SNT2BKL). Retrieved from https: file:///C:/Users/Acer/AppData/Local/Temp/5364-15217-1-PB.pdf.

Husein, Hamdan. (2016). Penggunaan Google Form Sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI UNISKA Muhammad Arsyad Al Banjari. Jurnal Pendidikan Dasar Islam Al-Bidayah, 8(1): 40-50.

Izenstark, Amanda, & Katie, L. L. (2015). Google Classroom for Librarians: Features and Opportunities. Library Hi Tech News, 1-3.

Keengwe, J., & Georgina, D. (2012). The digital course training workshop for online learning and teaching. Education and Information Tecnologies, 365-379. Retrieved from https://doi.org/10.1007/10639-01109164-x

Muhammad, Ali. 2004. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Putra, A. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Media Google Classroom Untuk Keterampilan Menulis. Universitas Pendidikan Indonesia.

Putra, Iskandar Dkk. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Camtasia Studio Video Cd Interaktif Multimedia Untuk Mata Pelajaran Pemrograman Web Di Jurusan Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 6(1): 1-8.

Wahab, Rohmalina. 2016. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Published
2021-07-12
How to Cite
RINI, Tika Puspita Widya; SARI, Dessy Dwitalia. BIMBINGAN TEKNIS MERANCANG PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS DARING DI MASA NORMAL BARU PADA GURU-GURU SEKOLAH DASAR. INTEGRITAS : Jurnal Pengabdian, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 194-208, july 2021. ISSN 2615-0794. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/integritas/article/view/1044>. Date accessed: 26 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/integritas.v5i1.1044.
Section
Articles