PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PELAJARAN IPA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 PANARUKANTAHUN PELAJARAN 2019-2020
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa menggunakan model Inside Outside Circle (IOC) dengan model Picture And Picture di SD Muhammadiyah 1 Panarukan. Untuk mengetahui hasil belajar siswa ini maka dari itu peneliti perlu membandingkan 2 model untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa. Sehingga peneliti membandingkan dua model dalam penelitian ini.Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment, pengumpulan data dengan metode observasi, tes serta dokumentasi, pada tehnik analisis data peneliti menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji T. sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA berjumlah 20 siswa dan VB berjumlah 20 siswa jadi total siswa di SD Muhammadiyah 1 Panarukan sebanyak 40 siswa. Data diperoleh dari hasil siswa dalam menjawab soal uraian sebanyak 15 soal dengan mengetahui perbedaannya peneliti mengunakan Uji T. menunjukkan bahwa hasil pengujian homogenitas data dengan uji Independent Sample Test mendapatkan koefisien F sebesar 1,348dengan (sig) sebesar 0,253. Apabila ditetapkan taraf signifikan α = 0,05 maka nilai sig jauh lebih besar. Artinya data tersebut homogen.Dari hasil pengujian uji hanya selisih sedikit antara kelas eksprimen dan kelas kontrol. Hasil pengujian menunjukkan t- hitung 0,253 > t-tabel 0,05, dari uji tersebut terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen menggunakan model Inside Outside Circle (IOC) dengan kelas kontrol menggunakan model Picture And Picture, yang dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t dengan t-hitung 0,253 > t-tabel 0,05, karena t-hitung lebih besar dari t-tabel yang menyebabkan terdapat perbedaan hasil belajar.