PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI GUGUS IV TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini mengggunakan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas V di Gugus IV Kecamatan Sumber Kolak dan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan untuk kelas eksperimen dan kontrol dipilih menggunakan Simple Random Sampling (SRS) dari populasi tertentu. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V A SD Integral Luqman Al Hakim Situbondo dan siswa kelas V SDN 3 Sumberkolak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Perbedaan Kemampuan Memecahkan Masalah Menggunakan Model Make A Match Dengan Model Pembelajaran Langsung Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Gugus IV Tahun Pelajaran 2019/2020. Rancangan desain yang digunakan adalah Nonrandomized Control Group Post Test Design. Berdasarkan hasil post test pada pembelajaran Matematika yang diberikan kepada siswa menggunakan Model Make A Match lebih tinggi dari pada Model Pembelajaran Langsung. pengujian Hipotesis menunjukkan bahwa sampel tidak homogen didapatkan (2,66) > (2,021) dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah antara yang menggunakan model Make and Macth dengan model Pembelajaran Langsung di kelas V.