PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI GUGUS IV TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Siti Aminatus Zahro Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Putu Eka Suarmika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini mengggunakan quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas V di Gugus IV Kecamatan Sumber Kolak dan Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020. Sampel yang digunakan untuk kelas eksperimen dan kontrol dipilih menggunakan Simple Random Sampling (SRS) dari populasi tertentu. Sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas V A SD Integral Luqman Al Hakim Situbondo dan siswa kelas V SDN 3 Sumberkolak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Perbedaan Kemampuan Memecahkan Masalah Menggunakan Model Make A Match Dengan Model Pembelajaran Langsung Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Gugus IV Tahun Pelajaran 2019/2020. Rancangan desain yang digunakan adalah Nonrandomized Control Group Post Test Design. Berdasarkan hasil post test pada pembelajaran Matematika yang diberikan kepada siswa menggunakan Model Make A Match lebih tinggi dari pada Model Pembelajaran Langsung. pengujian Hipotesis menunjukkan bahwa sampel tidak homogen didapatkan (2,66) > (2,021) dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah antara yang menggunakan model Make and Macth dengan model Pembelajaran Langsung di kelas V.

Published
2024-07-19
How to Cite
ZAHRO, Siti Aminatus; SUARMIKA, Putu Eka. PERBEDAAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MENGGUNAKAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI GUGUS IV TAHUN PELAJARAN 2019/2020. PRECEEDING INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION SCIENCES AND TECHNOLOGY (ICOELS), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 285-292, july 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/icoels/article/view/4746>. Date accessed: 02 nov. 2024.