PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Idayatun Hasanah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Membaca pemahaman merupakan salah satu aspek kemampuan bahasa yang harus dikuasai oleh siswa sekolah dasar terutama pada kelas lanjut. Rumusan masalah yaitu apakah terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman siswa menggunakan strategi pembelajaran Reading Guide dan Questions Students Have terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SD Negeri Klabang Kecamatan Klabang Kabupaten Bondowoso Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik analisis data melalui uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, homogenitas , dan uji hipotesis menggunakan metode independent samples test. Berdasarkan hasil penelitian yaitu strategi pembelajaran Reading Guide dan Questions Students Have pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Klabang yang dapat diambil kesimpulan bahwa hasil siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan strategi pembelajaran Reading Guide lebih baik dari pada siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Questions Students Have dengan rata-rata postes sebesar 71 untuk kelompok strategi pembelajaran ReadingGuide sedangkan nilai rata-rata 64,4 untuk kelompok strategi pembelajaran Questions Students Have dan pada uji hipotesis diketahui bahwa thitung = 2,588 < ttabel = 2,01063. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman siswa menggunakan strategi pembelajaran Reading Guide dan Questions Students Have terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Klabang Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2018/2019

Published
2024-07-19
How to Cite
HASANAH, Idayatun. PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI DAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2019/2020. PRECEEDING INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION SCIENCES AND TECHNOLOGY (ICOELS), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 277-284, july 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/icoels/article/view/4744>. Date accessed: 02 nov. 2024.