PERBEDAAN HASIL KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL PEMB.ELAJARAN COOPERATIVE LEARNING PADA TEMA 1 KELAS 3 GUGUS 3 KEC. MANGARAN KAB. SITUBONDO TAHUN 2019/2020

  • Lailatul Chusna Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian yang dilakukan dilatar belakangi oleh kesulitan siswa dalam membaca lancar pada kelas 3 gugus 3 Kec. Mangaran Kab. Situbondo. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Picture And Picture dan model Cooperative Learning. Tujuan penelitian yaitu untuk melihat apakah terdapat perbedaan dari hasil kernampuan membaca lancar siswa dengan model Picture And Picture maupun model Cooperative Learning pada Terna 1 Kelas 3 Gugus 3 Kec. Mangaran Kab. Situbondo Tahun 2019/2020. Sampel dalam penelitian berjumlah 16 siswa untuk kelas Eksperimen (SDN I Tanjung Glugur) dan 15 siswa untuk kelas Kontrol (SD 2 Tanjung Glugur). Instrumen dalam penelitian ini berupa tes lisan. Berdasarkan hasil data tersebut, diperoleh besar nilai sig yaitu 0,000 lebih kecil daripada taraf sigifikan yaitu 0,05. Maka dapat ditarik kesimpulan yaitu, terdapat perbedaan hasil yang signifikan dari kemampuan membaca lancar siswa yang menggunakan model Picture And Picture dengan siswa yang menggunakan model Cooperative Learning dikelas 3.

Published
2024-07-19
How to Cite
CHUSNA, Lailatul. PERBEDAAN HASIL KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL PEMB.ELAJARAN COOPERATIVE LEARNING PADA TEMA 1 KELAS 3 GUGUS 3 KEC. MANGARAN KAB. SITUBONDO TAHUN 2019/2020. PRECEEDING INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION SCIENCES AND TECHNOLOGY (ICOELS), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 258-264, july 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/icoels/article/view/4741>. Date accessed: 02 nov. 2024.