PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATERI IPA POKOK BAHASAN GAYA DAN MACAM – MACAM GAYA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) BERBANTU MEDIA KOMIS (KOTAK MISTERIUS) di SDN 9 PATOKAN
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang berawal dari permasalahan yang dihadapi guru di kelas IV SDN 9 Patokan pada mata pelajaran IPA yaitu siswa terlihat kurang memperhatikan penjelasan guru, siswa kurang aktif dalam pembelajaran serta terlihat bermain sendiri dengan teman sebangkunya. Hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Team Games Tournaments (TGT) menggunakan Media Komis juga mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus I yaitu Dari jumlah siswa di kelas IV sebanyak 21 anak, siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 14 siswa. Hal ini berarti ketuntasan belajar individual mencapai 66,67%. Sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sebanyak 7 siswa sebesar (33,33 %). Sedangkan pada siklus II Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan yaitu Hasil belajar siswa yang mengalami ketuntasan belajar sebanyak 17 siswa. Hal ini berarti ketuntasan belajar individual mencapai 80,95 %. Sedangkan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sebanyak 4 siswa atau 19,04 %.