PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT- SIFAT BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING KELAS IV SDN 3 MLANDINGAN WETAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Mlandingan Wetan materi sifat-sifat bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Hasil Belajar Matematika Materi Sifat-Sifat Bangun Datar Menggunakan Model Discovery Learning Kelas IV SDN 3 Mlandingan Wetan Tahun Pelajaran 2019/2020 dan Meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas IV SDN 3 Mlandinganm Wetan dalam materi sifat-sifat bangun datar melalui model Discovery Learning. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Mlandingan Wetan yang berjumlah 20 siswa yang diberikan tindakan dengan diterapkannya penggunaan model Discovery Larning. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sifat- sifat bangun datar. Instrumen yang di terapkan dalam penelitian ini adalah tes yang berupa soal yang berjumlah 10 butir soal dalam bentuk pilihan ganda. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode wawancara, obsservasi, tes, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif agar dapat mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari kondisi awal Pra siklus 53% menjadi 66% pada siklus I dan menjadi 83% pada siklus II. Kondisi diatas dapat dicapai peneliti dengan berbagai keterbatasan yang ada.