PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PADA SISWA KELAS 3 SDN 3 AGEL KECAMATAN JANGKAR KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Amalia Risqi Puspitningtyas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Dalam menulis cerita siswa masih banyak mengalami kesulitan sehingga menyebabkan cerita yang ditulis siswa masih tidak runtut, masih banyak penggunaan kata yang tidak baku dan cerita tidak sesuai dengan tema yang ditentukan oleh guru. Hal tersebut ditandai antara lain oleh rendahnya kemampuan siswa dalam menemukan ide yang akan dituliskannya ke dalam bentuk karangan sehingga karangan yang ditulisnya hanya seadanya, biasanya hanya terdiriĀ atas 4-5 kalimat. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis cerita telah mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, hal ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan kelas yang mengalami peningkatan sebesar 12,5%. Presentase kemampuan menulis cerita pada siklus I mencapai 70,8% atau terdapat 17 orang yang tuntas dan hanya 7 orang yang tidak tuntas, sedangkan pada siklus II presentase kemampuan menulis cerita siswa mencapai 83,3% atau terdapat 20 siswa yang tuntas dan hanya terdapat 4 siswa yang tidak tuntas.

Published
2024-07-19
How to Cite
PUSPITNINGTYAS, Amalia Risqi. PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PADA SISWA KELAS 3 SDN 3 AGEL KECAMATAN JANGKAR KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. PRECEEDING INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION SCIENCES AND TECHNOLOGY (ICOELS), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 213-228, july 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/icoels/article/view/4738>. Date accessed: 02 nov. 2024.