PENGARUH PEMBERIAN REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VI TAHUN AJARAN 2018/2019
Abstract
Penelitian dilakukan di SDN 1 Mlandingan Wetan. SD tersebut dipilih karena ingin menyelesaikan masalah pembelajaran IPS yang diketahui terdapat anggapan mata pembelajaran yang membosankan atau menjenuhkan,untuk itu penelitian yang dilakukan pada SDN 1 Mlandingan Wetan mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian reward dan punishment terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V1 di SDN 1 Mlandingan Wetan. Untuk mengetahui pengaruh tersebut, maka peneliti menguji hasil angket motivasi belajar menggunakan uji product moment pearson dan dapat diketahui pengaruh yang signifikan. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun variabel bebasnya pengaruh pemberian reward dan punishment sedangkan variabel terikatnya yaitu motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian reward dan punishment atau sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa Di SDN 1 Mlandingan Wetan Kecamatan Bungatan Kabupaten Situbondo Semester satu atau Ganjil Tahun Ajaran 2018/2019. Dibuktikan dengan hasil penilaian yang didapat dari hasil angket motivasi belajar. Untuk peneliti selanjutnya sebaiknya harus memperhatikan hasil dari angket motivasi belajar siswa yang akan diberikan kepada siswa agar bisa termotivasi dalam belajar didalam kelasnya.