PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 1 PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN MAHLUK HIDUP PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SD NEGERI 3 JETIS KEC. BESUKI KAB. SITUBONDO TAHUN AJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengungkapkan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah kelas 3 di SD egeri 3 Jetis dengan jumlah 21 siswa dan sampelnya 2W siswa. Data diperoleh dengan: (1) Angket sebanyak W5 pernyataan, (2) Tes sebanyak 15 seal, (3) Dokumentasi untuk mencari data bempa transkip nilai, penelirian ini menggunakan Uji Validitas, Reliabilitas, onnalitas dan Regresi Linear. Menurut Santrock bahwa motivasi belajar adalah proses yang memberi semangat, arah, dan kegigihan perilaku, Hasil belajar menurut nana sudjana adalah kemampuan yang dimiliki siswa .setelah ia menerima pengalaman belajarnya, Soemantri berpendapat bahwa PPKn adalah pendidikan kewarganegaraan yang merupakan mata pelajaran sosial yang bertujuan mernbenmk warga negara yang baik yaitu warga negara yang tahu, mau, dan mampu berbuat baik. Untuk uii validitas Hasil pengujian menunjukkan Thitung lebi.h besar dari pada Ttabel. Thitung = 2,851 dan Ttabel = 2,059 (valid) sedangkan Thitung lebih kecil dari pada Ttabel, Thitung = 0,522 dan Ttabel = 2,059 (gugur). Untuk uji reliabilitas hasil pengujian menunjukkan KR2] = 0:968585 pada kriteria tinggi disesuaikan dengan tabel reliabilitas, uji normalitas menggunakan aplikasi SPSS 14 FOR WINDOWS menunjukkan nilai signifik:ansi Asymp = 0,912 > 0,05 data tersebut dikatakan normal. Untuk uji regresi linear menunjukkan nilai signifikansi sebesar = 0,000>0,05 nilai tersebut lebih kecil dari taraf nyata. Dapat dikatakan ada pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SD Negeri 3 Jetis Tahun Ajaran 2019/2020.