PENGARUH MODEL PROBLEM BASIC LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD GUGUS 2 BESUKI KECAMATAN BESUKI KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Efi Puji Rahayu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Basic Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita pada mata pelajaran matematika siswa kelas V di SD Negeri 2 Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 2 Besuki yang terdiri dari siswa kelas V A yang berjumlah 28 siswa yang sebagai kelas kontrol dan siswa kelas V B yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yang berupa tes tulis. Uji validitas instrument menggunakan SPSS for 22 dan reliabilitas instrument dengan SPSS for 22. Uji normalitas dan uji homogenitas juga menggunakan for 22 yang termasuk uji prasyarat analisis dan analisis data menggunakan rumus uji-tseparated varians. Dari hasil analisis data diperoleh hasil thitung>ttabel (dengan tarafsignifikasi 0,05 dan n = 56 dengan db=n-2=56-2=54) yaitu 4,326>2,004, maka dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh model Problem Basic Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita pada mata pelajaran matematika siswa kelas V di SD Negeri 2 Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019.

Published
2024-07-19
How to Cite
RAHAYU, Efi Puji. PENGARUH MODEL PROBLEM BASIC LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD GUGUS 2 BESUKI KECAMATAN BESUKI KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. PRECEEDING INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION SCIENCES AND TECHNOLOGY (ICOELS), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 180-191, july 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/icoels/article/view/4735>. Date accessed: 02 nov. 2024.