PENGARUH MODEL PROBLEM BASIC LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD GUGUS I KECAMATAN SITUBONDO KABUPATEN SITUBONDO TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Basic Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita pada mata pelajaran matematika siswa kelas V di Gugus I Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experimental. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD Negeri 4 Dawuhan dengan jumlah 28 orang sebagai kelas kontrol dan kelas V SD Negeri Patokan 2 berjumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yang berupa tes tulis. Uji validitas instrument menggunakan SPSS for 22 dan reliabilitas instrument dengan SPSS for 22. Uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas data dengan SPSS for 22 dan uji homogenitas menggunakan SPSS for 22 dan analisis data menggunakan rumus uji-tseparated varians. Dari hasil analisis data diperoleh hasil thitung>ttabel (dengan taraf signifikasi 0,05 dan n = 56 dengan db=n-2=56-2=54) yaitu 4,326>2,004, maka dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh model Problem Basic Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita pada mata pelajaran matematika siswa kelas V di gugus I SD Negeri 4 Dawuhan Kecamatan Situbondo dan SD Negeri 2 Patokan Kecamatan Situbondo Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2019/2020.