PENGARUH MINAT BACA TERHADAP BASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 LANDANGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Emilda Riskiya Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Indah Lestari Setiorini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian expost facto. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan pearson product moment. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa. Instrument penelitian yang diberikan berupa kuesioner dan tes soal yang terdiri dari 30 soal kuesioner dan 20 soal esai. Berdsarkan hasil penelitian ini analisis data menunjukkan bahwa diketahui persamaan regresi linier sederhana hasil yang diperoleh yaitu nilai konstanta sebesarĀ 109,202. Koefisien regresi untuk variabel bebas X (minat baca) yaitu positif, menghasilkan ada hubungan yang searah antara minat baca (X) dengan hasil belajar (Y). Koefisien regresi variabel X sebesar 0,255 yang artinya untuk setiap pertambahan minat baca (X) sebesar satu satuan akan terjadi peningkatan hasil belajar (Y) sebesar 0.255 dan dikuatkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,025 yang artinya hasil tersebut lebih kecil dari (a) 0,05 yaitu taraf nyata, rnaka dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dan dari kesimpulan diatas bahwa Terdapat pengaruh minat baca terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V di SD Negeri 1 Landangan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Published
2024-07-19
How to Cite
RISKIYA, Emilda; SETIORINI, Indah Lestari. PENGARUH MINAT BACA TERHADAP BASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 1 LANDANGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020. PRECEEDING INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION SCIENCES AND TECHNOLOGY (ICOELS), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 158-163, july 2024. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/icoels/article/view/4733>. Date accessed: 02 nov. 2024.