PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CIRC (COOPERATIVE INTEGRETED READING AND COMPOSITION) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA MATERI SIFAT-SIFAT BUNYI DAN KETERKAl1TANNYA DENGAN INDERA PENDENGARAN SISWA KELAS IV DI SD NE.GERI 1 DAN 2 GELUNG KEC. PANARUKAN KAB. SITUBONDO
Abstract
Berdasarkan hasil obesevasi di SD Negeri 1 dan 2 Gelung Kecamatan Panarukan di kellas IV menyatakan sellama pembelajaran IPA yang dillakukan peneliti di kelas IV SD Negeri 1 dan 2 Gelung kecamatan Panarukan Situbondo . Peneliti menemukan bahwa guru belum optimal dalam penggunaan variasi model pembelajaran yang dapat melatih siswa untuk memahami konsep-konsep dengan cara menyelesaikan suatu permasalahan. Proses pembellajaran yang berlangsung masih berorientasi pada guru untuk menyampaikan materi. Kondisi yang demikian akan membuat siswa jenuh dan tidak tertarik dallam pembellajaran. Akibatnya, pemahaman konsep pada mata pelajaran IPA siswa menjadi rendah. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif. Pengumpulan data terdiri dari angket, observasi, dan dokumentasi. Tempat penellitian ditetapkan di SD Negeri 1 dan 2 Gelung Kecamatan Panarukan. Anallisis data menggunakan T-tes . Hasill penelitian yaitu berdasarkan perhitungan uji hipotesis yang mengacu pada ketentuan pengambilan keputusan uji hipotesis,. dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Jladi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model CIRC (Cooperative lntegreted Reading And Composition) terhadap pemahaman konsep I PA materi slfat-sifat bunyi dan keterkaitannya dengan indera pendengaran siswa kelas IV di SD Negeri 1 dan 2 Gellung Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo dengan Thitung > Ttabel yaitu 2,687 > 1,.686 pada taraf signifikan a (0,05}.