MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA PUZZLE PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN PANGKAT TIGA KELAS V SEMESTER GENAPDI SD NEGERI 1 TANJUNG GLUGUR KEC. MANGARAN KAB. SITUBONDO
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 1 Tanjung Glugur pada materi operasi hitung bilangan pangkat tiga. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media puzzle pada materi operasi hitung bilangan pangkat tiga kelas V Semester Genap di SD Negeri 1 Tanjung Glugur Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019. (2) Meningkatkan
prestasi belajar pada siswa kelas V SD Negeri 1 Tanjung Glugur dalam materi operasi hitung bilangan pangkat tiga melalui model permainan media puzzle. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Tanjung Glugur yang berjumlah sebanyak 13 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi operasi hitung bilangan pangkat tiga. Instrumen pada penelitian ini adalah sebuah Tes yang berjumlah 10 butir soal dalam bentuk isian, sedangkan teknik pengumpulan data tersebut menggunakan sebuah tes, dan menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil tes peneliatian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata siswa yang pada awalnya 23 menjadi 72 pada kegiatan siklus I dan menjadi 79 pada kegiatan siklus II. Persentase dalam ketuntasan penelitian mengalami peningkatan yang awalnya 33% menjadi 63% pada siklus I kemudian 83% pada siklus II. Peningkatan tersebut dapat dicapai oleh peneliti dengan berbagai keterbatasan saat kegiatan penetilian.