HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN BASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS III di SD NEGERI 1 CURAH JERU KEC. PANJI KAB. SITUBONDO TAHUN AJARAN 2018 -2019
Abstract
Kemampuan dalam membaca pernahaman akan ada ditiap tema pelajaran. Hal iniĀ memperlihatkan akan begiru pentingnya penguasaan kemampuan membaca dalam pemahaman karena kemampuan membaca dalam pemahaman adalah salah satu standar dari kemampuan bahasa indonesia yang wajib diraih didalam jenjang pendidikan, diautaranya sekolah dasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu adakah hubungan kemarnpuan membaca pemahaman dengan basil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III di SD Negeri 1 Curah Jeru Panji Slrubondo Tahun Ajaran 2018-2019. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini yaitu kuantitatif dengan studi lapangan. Sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa yang berjumlah 20 siswa pengambilan sampel ditenmkan dengan teknik sampel jenuh, metode analisis datanya menggunakan uji validitas, uji reliabilitas sedangkan untuk pengujian hipotesis didalam penelitian ini bisa menggunakan uji korelasi. Berdasarkan uji korelasi untuk hipotesis didalam penelitian ini nilai Chimng unmk uji hipotesis sebesar 0,754. Sementara itu nilai pada frabel distribusi 5% atau 0,05 sebesar 0,374, maka rhirung 0,754 > rrabel 0,444. Berarti kemampuan membaca pemahaman rnempunyai korelasi yang positif terhadap hasil belajar, Jadi dalam hal ini berafti Ho ditolak dan Ha diterima, Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan hasil belajar bahasa indonesia siswa kelas III di SD Negeri 1 Curah Jeru Panji Situbondo Tahun Ajaran 2018-2019.