ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 1 PANARUKAN SITUBONDO TAHUN 2019/2020
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Panarukan Situbondo Tahun Ajaran 2019/2020. Guru berperan sebagai perencana serta pelaksana pembelajaran, oleh karena itu, guru dituntut untuk memahami secara benar kurikulum yang berlaku, karakteristik siswa, fasilitas dan sumber daya yang ada agar dapat menciptakan suasana pembelajaran yang edukatif, interaktif, dan menyenangkan. Maka dari itu dalam mencapai pembelajaran yang efektif juga efesien diperlukan sebuah rancangan berupa model-model kegiatan belajar yang dilakukan oleh guru, salah satu model kegiatan pembelajaran yang dapat digunakan yaitu (CTL), model ini menuntut aktifitas siswa didalam kelas untuk mengembangkan sikap dan keterampilannya seperti halnya dengan SD Muhammadiyah 1 Panarukan melaksanakan kegiatan pembelajaran menggunakan model ini. Model tersebut cocok diterapkan dalam kurikulum saat ini berbasis karakter serta kompetensi (kemampuan) yang mewajibkan peserta didik untuk aktif dalam proses kegiatan pembelajaran selain itu, model tersebut juga sangat membantu dalam kegiatan belajar sehingga siswa menjadi lebih cepat memahami materi pelajaran dan dengan bantuan model ini kegiatan proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran IPA dapat membuat konsep kegiatan belajar yang dalam pembelajarannya menghubungkan antara materi yang dipelajari dengan dunia nyata (lingkungan) yang dialami siswa. Pelaksanaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Panarukan Situbondo berlangsung dengan baik, mulai dari persiapan, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran, yang sesuai dengan kemampuan karakteristik, juga hal-hal lain yang berhubungan dengan model tersebut.