PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEMBANGUN GENERASI EMAS INDONESIA

  • Yulianti Yulianti Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran mengenai pendidikan karakter untuk membangun generasi emas Indonesia. Metode penelitian yang dilakukan ialah penelitian deskriptif-kualitatif yang berdasarkan para ahli atau penelitian terdahulu serta mengumpulkan data dari beberapa jurnal ilmiah dan buku. Metode ini dilakukan dengan membaca berbagai sumber kemudian dihubungkan dengan topik yang dibahas untuk kemudian disampaikan kembali dalam bentuk deskripsi. Pendidikan dalam kehidupan manusia merupakan suatu hal yang sangat penting, karena pendidikan dapat menjadi tonggak adanya perubahan, mewujudkan bangsa yang cerdas, kompeten dan memiliki potensi moral dengan rasa berbudaya. Pendidikan tidak hanya semata-mata mentransfer ilmu, akan tetapi mengembangkan nilai-nilai luhur terutama karakter. Oleh karena itu, pendidikan menjadi kebutuhan pokok bagi setiap anak di Indonesia. Bangsa Indonesia akan memasuki generasi emas pada tahun 2045 yang bisa menjadi bonus demografi paling berharga, sehingga setiap anak harus terus diarahkan agar dapat memiliki kualitas diri yang baik, produktif, dan berkarakter.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberi gambaran mengenai pendidikan karakter untuk membangun generasi emas Indonesia. Metode penelitian yang dilakukan ialah penelitian deskriptif-kualitatif yang berdasarkan para ahli atau penelitian terdahulu serta mengumpulkan data dari beberapa jurnal ilmiah dan buku. Metode ini dilakukan dengan membaca berbagai sumber kemudian dihubungkan dengan topik yang dibahas untuk kemudian disampaikan kembali dalam bentuk deskripsi. Pendidikan dalam kehidupan manusia merupakan suatu hal yang sangat penting, karena pendidikan dapat menjadi tonggak adanya perubahan, mewujudkan bangsa yang cerdas, kompeten dan memiliki potensi moral dengan rasa berbudaya. Pendidikan tidak hanya semata-mata mentransfer ilmu, akan tetapi mengembangkan nilai-nilai luhur terutama karakter. Oleh karena itu, pendidikan menjadi kebutuhan pokok bagi setiap anak di Indonesia. Bangsa Indonesia akan memasuki generasi emas pada tahun 2045 yang bisa menjadi bonus demografi paling berharga, sehingga setiap anak harus terus diarahkan agar dapat memiliki kualitas diri yang baik, produktif, dan berkarakter.

References

Abi, A. R. (2017). Paradigma Membangun Generasi Emas Indonesia Tahun 2045. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 2(2), 85–90. https://doi.org/10.17977/um019v2i22017p085

Amran, A., Perkasa, M., Jasin, I., Satriawan, M., & Irwansyah, M. (2019). Model Pembelajaran Berbasis Nilai Pendidikan Karakter Untuk Generasi Indonesia Abad 21. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(2), 233. https://doi.org/10.24252/lp.2019v22n2i5

Darman, R. A. (2017). Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia Tahun 2045 Melalui Pendidikan Berkualitas. Edik Informatika, 3(2), 73–87. https://doi.org/10.22202/ei.2017.v3i2.1320

Hasnawati. (2016). Membangun generasi emas melalui perspepktif pendidikan karakter. 247–254.

Hyoscyamina, D. E. (2011). Peran Keluarga Dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Psikologi Undip, 10(2), 144–152.

Sholichah, A. S. (2018). Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 23. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.209

Yusuf, M. (2016). Pendidikan Karakter Menuju Generasi Emas 2045. Inovasi Pendidikan, 2(4), 9–16.
Published
2021-07-01
How to Cite
YULIANTI, Yulianti. PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEMBANGUN GENERASI EMAS INDONESIA. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 28-35, july 2021. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/969>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.969.
Section
Articles