KEEFEKTIVAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA PUZZLE DALAM KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

  • Heldie Bramantha Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 1 Tanjung Glugur pada materi operasi hitung bilangan pangkat tiga. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media puzzle pada materi operasi hitung bilangan pangkat tiga kelas V Semester Genap di SDNegeri 1 Tanjung Glugur Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019. (2)  Meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas V SDNegeri 1 Tanjung Glugur dalam materi operasi hitung bilangan pangkat tiga melalui model permainan media puzzle. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDNegeri 1 Tanjung Glugur yang berjumlah 13 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi operasi hitung bilangan pangkat tiga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes yang berjumlah 10 butir soal dalam bentuk isian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Teknil analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari kondisi awal 23 menjadi 72 pada siklus I dan menjadi 79 pada siklus II. Persentase ketuntasan meningkat dari kondisi awal 33% menjadi 63% pada siklus I dan menjadi 83% pada siklus II. Kondisi diatas dapat dicapai peneliti dengan berbagai keterbatasan yang ada.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 1 Tanjung Glugur pada materi operasi hitung bilangan pangkat tiga. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri berbantuan media puzzle pada materi operasi hitung bilangan pangkat tiga kelas V Semester Genap di SDNegeri 1 Tanjung Glugur Kecamatan Mangaran Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2018/2019. (2)  Meningkatkan prestasi belajar pada siswa kelas V SDNegeri 1 Tanjung Glugur dalam materi operasi hitung bilangan pangkat tiga melalui model permainan media puzzle. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDNegeri 1 Tanjung Glugur yang berjumlah 13 siswa. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi operasi hitung bilangan pangkat tiga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tes yang berjumlah 10 butir soal dalam bentuk isian. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Teknil analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata siswa dari kondisi awal 23 menjadi 72 pada siklus I dan menjadi 79 pada siklus II. Persentase ketuntasan meningkat dari kondisi awal 33% menjadi 63% pada siklus I dan menjadi 83% pada siklus II. Kondisi diatas dapat dicapai peneliti dengan berbagai keterbatasan yang ada.

References

Al-Thabany, Trianto, Ibnu, Badar. 2014. “Mendesain Model Pembelajaran Inovasi, Progresif, dan Kontekstual”. Prenadume dia Grup. Jakarta
Arikunto, S. Dkk. 2010.2015. “Penelitian Tindakan Kelas”. Jakarta. PT Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi. 2010. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta: PT. Renika Cipta. Diakses dari http://linoaroll.weebly.com
Djamarah, S.b. 2010. “Strategi Belajar Mengajar”. rev.ed. Jakarta. PT Rineka Cipta
Eki, Sulistiowati. 2007. “Kopetensi Guru”. Yogyakarta
Ennis dalam Costa. 1985 (16). “Indikator Keterampilan Berpikir KritiS”.
Hanafiah, Nanang dan Suhana, Cucu. 2009. “Konsep Strategi Pembelajaran”. Refika Aditama. Bandung
Komalasari, Kokom. 2010. “Pembelajaran Kontekstual”. PT Refika Aditima. Bandung
Lestari, G. 2013. “Upanya Meningkatkan Kemampuan Mengarang Siswa Melalui Media Gambar Seri di Kelas III SD Negeri Suren”. Diakses dari Universitas Negeri. Yogyakarta
Munadi, Y. 2010. “Media Pembelajaran”. Jakarta. Gunung Persada Press
Naeng, Muhadjir. 2013 (117). “Syarat Menjadi Pendidik”
Nurgiyantoro, B. 2010. “Penelitian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi”. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta
Putu. 2011. “Pengaruh Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pembelajaran IPA dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Kelas V Gugus IV Gerokdak”. Tidak diterbitkan. Tesis. Bali: PPS UNDIKSA
Santosa, P, dkk. 2008. “Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Bandung. Pustaka Setia
Sudjana, Nana. 2009. “Penilaian Hasil Prores Belajar Mengajar”. PT Remaja Rosdakarya. Bandung
Tim Dosen Prodi PGSD UNARS. 2018. “Pedoman Penulisan Skripsi”. Situbondo: UNARS PRESS
Published
2019-12-31
How to Cite
BRAMANTHA, Heldie. KEEFEKTIVAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBANTUAN MEDIA PUZZLE DALAM KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 158 - 169, dec. 2019. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/870>. Date accessed: 06 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v3i2.870.
Section
Articles