PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA PENGGUNAAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS 3 SD GUGUS 3 KECAMATAN KAPONGAN KABUPATEN SITUBONDO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

  • Afif Amroellah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Abdurachman Saleh Situbondo

Abstract

Dilatarbelakangi oleh suatu fenomena bahwa matematika menjadi pelajaran yang ditakuti oleh siswa karena dianggap sulit. Padahal kesulitan yang dihadapi oleh siswa diakibatkan karena siswa tidak mampu memahami materi matematika secara baik. Kurangnya pemahaman siswa diakibatkan karena secara umum proses pembelajaran di kelas kurang menarik dan cenderung berpusat pada guru (teacher-centered). Selain itu, kurang tepatnya model pembelajaran yang diterapkan dengan materi yang diajarkan sangat berpengaruh pada minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan sehingga akan berdampak pada hasil belajar yang dicapainya. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan pembelajaran yang menarik dan kebebasan dalam berpikir untuk memahami materi pelajaran sesuai kemampuan yang dimilikinya. Oleh karena itu guru harus mampu memposisikan diri dan menerapkan model pembelajaran yang menarik sesuai dengan materi yang diajarkan dan karakter siswa yang diajar. Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan Model TGT dengan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas 3 Gugus 3 Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Semester Ganjil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh dengan jumlah populasi dan sampel yang sama yaitu 44 siswa yang berasal dari kelas III SDN 1 Seletreng dan III SDN 4 Seletreng, sumber data dalam penelitian ini berupa data primer yaitu siswa kelas III SDN 1 Seletreng dan III SDN 4 Seletreng selanjutnya data sekunder yang berasal dari hasil tes dan dokumentasi, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman tes, pedoman dokumentasi dan instrumen post test, dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh model team game tournament (TGT) dengan metode diskusi terhadap hasil belajar matematika materi pokok bilangan cacah pada siswa kelas III SD Gugus 3 Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Adapun besar pengaruh pembelajaran model team game tournament (TGT) dengan metode diskusi terhadap hasil belajar matematika materi pokok bilangan cacah pada siswa kelas III SD Gugus 3 Kecamatan Kapongan semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 adalah 2,50%.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Dilatarbelakangi oleh suatu fenomena bahwa matematika menjadi pelajaran yang ditakuti oleh siswa karena dianggap sulit. Padahal kesulitan yang dihadapi oleh siswa diakibatkan karena siswa tidak mampu memahami materi matematika secara baik. Kurangnya pemahaman siswa diakibatkan karena secara umum proses pembelajaran di kelas kurang menarik dan cenderung berpusat pada guru (teacher-centered). Selain itu, kurang tepatnya model pembelajaran yang diterapkan dengan materi yang diajarkan sangat berpengaruh pada minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan sehingga akan berdampak pada hasil belajar yang dicapainya. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan pembelajaran yang menarik dan kebebasan dalam berpikir untuk memahami materi pelajaran sesuai kemampuan yang dimilikinya. Oleh karena itu guru harus mampu memposisikan diri dan menerapkan model pembelajaran yang menarik sesuai dengan materi yang diajarkan dan karakter siswa yang diajar. Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika antara yang menggunakan Model TGT dengan Metode Diskusi Pada Siswa Kelas 3 Gugus 3 Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Semester Ganjil. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu, teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh dengan jumlah populasi dan sampel yang sama yaitu 44 siswa yang berasal dari kelas III SDN 1 Seletreng dan III SDN 4 Seletreng, sumber data dalam penelitian ini berupa data primer yaitu siswa kelas III SDN 1 Seletreng dan III SDN 4 Seletreng selanjutnya data sekunder yang berasal dari hasil tes dan dokumentasi, instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pedoman tes, pedoman dokumentasi dan instrumen post test, dan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh model team game tournament (TGT) dengan metode diskusi terhadap hasil belajar matematika materi pokok bilangan cacah pada siswa kelas III SD Gugus 3 Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Adapun besar pengaruh pembelajaran model team game tournament (TGT) dengan metode diskusi terhadap hasil belajar matematika materi pokok bilangan cacah pada siswa kelas III SD Gugus 3 Kecamatan Kapongan semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 adalah 2,50%.

References

Agus Eko Sujianto. 2009. Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka

Agus Irianto. (2007). Statistika Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.

Anas Sudijono. 2005. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Paja Grafindo Persada.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Milan Rianto, Model Pembelajaran Terpadu Dlam Teori dan Praktek. Jakarta, Prestasi Pustaka. (2006 : 55)

Nana Syaodih Sukmadinata. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sabana. 2005. Statistik Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Published
2020-12-17
How to Cite
AMROELLAH, Afif. PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA ANTARA PENGGUNAAN MODEL TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS 3 SD GUGUS 3 KECAMATAN KAPONGAN KABUPATEN SITUBONDO SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 365-376, dec. 2020. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/774>. Date accessed: 02 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v4i2.774.
Section
Articles