MOTIVASI GURU-GURU PAUD DALAM MELANJUTKAN BELAJAR/PERKULIAHAN PADA S1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PAUD DI KABUPATEN KEBUMEN

  • Alek Andika Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Habib Hambali Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendapatkan gambaran/diskripsi motivasi dan perilaku para guru PAUD yang sudah mengajar dan mau melanjutkan kuliah S1 pada Program PAUD. 2. Mengetahui gambaran secara umum bahwa mahasiswa Prodi PAUD. 3. Menggali informasi terkait hubungan antara motivasi kuliah guru PAUD dengan kendala/tanggung jawab mereka menjadi seorang mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada guru PAUD yang sedang melanjutkan studi S1 PAUD di Kabupaten Kebumen. Sedangkan metode penelitian yng digunakan adalah kualitatif dengan melakukan pengumpulan data (Collecting data)yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen tahun 2020 melalui 3 cara yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Selanjutnya peneliti beserta Tim melakukan analisis  data penelitian yang telah diperoleh melalui 3 langkah yaitu (reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Setelah peneliti melakukan langkah-langkah penelitian diatas, peneliti menemukan kesimpulan sebagai berikut: 1. Gambaran secara umum bahwa mahasiswa Prodi PAUD di Kabupaten Kebumen sudah mengajar di instansi /lembaga masing-masing, sebagian besar dari mereka berpendidikan SLTA dan rata-rata berusia 30 tahun keatas. 2. Beberapa motivasi guru PAUD dalam memutuskan untuk lanjut kuliah adalah (menambah wawasan keilmuan dan adanya harapan peningkatan kesejahteraan setelah mendapatkan gelar sarjana). 3. Diskripsi dampak positif dan pengaruh yang muncul dimasyarakat adalah adanya stigma bahwa usia dan kesibukan tidaklah menjadi penghalang bagi seseorang untuk menuntut ilmu.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendapatkan gambaran/diskripsi motivasi dan perilaku para guru PAUD yang sudah mengajar dan mau melanjutkan kuliah S1 pada Program PAUD. 2. Mengetahui gambaran secara umum bahwa mahasiswa Prodi PAUD. 3. Menggali informasi terkait hubungan antara motivasi kuliah guru PAUD dengan kendala/tanggung jawab mereka menjadi seorang mahasiswa. Penelitian ini dilakukan pada guru PAUD yang sedang melanjutkan studi S1 PAUD di Kabupaten Kebumen. Sedangkan metode penelitian yng digunakan adalah kualitatif dengan melakukan pengumpulan data (Collecting data)yang diperoleh dari Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen tahun 2020 melalui 3 cara yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Selanjutnya peneliti beserta Tim melakukan analisis  data penelitian yang telah diperoleh melalui 3 langkah yaitu (reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan). Setelah peneliti melakukan langkah-langkah penelitian diatas, peneliti menemukan kesimpulan sebagai berikut: 1. Gambaran secara umum bahwa mahasiswa Prodi PAUD di Kabupaten Kebumen sudah mengajar di instansi /lembaga masing-masing, sebagian besar dari mereka berpendidikan SLTA dan rata-rata berusia 30 tahun keatas. 2. Beberapa motivasi guru PAUD dalam memutuskan untuk lanjut kuliah adalah (menambah wawasan keilmuan dan adanya harapan peningkatan kesejahteraan setelah mendapatkan gelar sarjana). 3. Diskripsi dampak positif dan pengaruh yang muncul dimasyarakat adalah adanya stigma bahwa usia dan kesibukan tidaklah menjadi penghalang bagi seseorang untuk menuntut ilmu.

Published
2021-07-01
How to Cite
ANDIKA, Alek; HAMBALI, Habib. MOTIVASI GURU-GURU PAUD DALAM MELANJUTKAN BELAJAR/PERKULIAHAN PADA S1 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PAUD DI KABUPATEN KEBUMEN. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 19-27, july 2021. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/762>. Date accessed: 23 dec. 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v5i1.762.
Section
Articles