ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KEWIRAUSAHAAN DALAM MEMBENTUK SIKAP WIRAUSAHA PADA SISWA JENJANG PENDIDIKAN DASAR DI KABUPATEN KEBUMEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum berbasis kewirausahaan dalam membentuk sikap wirausaha pada siswa jenjang pendidikan dasar di Kabupaten Kebumen serta mendeskripsikan desain kurikulum berbasis kewirausahaan untuk membentuk sikap wirausaha pada siswa jenjang pendidikan dasar di Kabupaten Kebumen. Metode Penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah deskriptrif kualitatif yang diharapkan mampu mendeskripsikan secara utuh obyek yang diteliti. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa implementasu kurikulum berbasis kewirausahaan diperoleh data rata-rata aspek kewirausahaan sudah diterapkan di sekolah dengan skor wawancara 2,64 dengan kategori baik. Hal ini membuktikan bahwa kewirausahaan sudah diterapkan di jenjang Pendidikan dasar di Kabupaten Kebumen. Desain kurikulum berbasis kewirausahaan di Kabupaten Kebumen adalah (1) terintegrasi pada seluruh mata pelajaran; (2) terpadu dalam ekstrakurikuler; (3) melalui praktik berwirausaha disekolah; (4) terintegrasi pada bahan ajar; (5) pembiasaan dalam kultur sekolah; (6) terintegrasi pada muatan lokal.
Downloads
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum berbasis kewirausahaan dalam membentuk sikap wirausaha pada siswa jenjang pendidikan dasar di Kabupaten Kebumen serta mendeskripsikan desain kurikulum berbasis kewirausahaan untuk membentuk sikap wirausaha pada siswa jenjang pendidikan dasar di Kabupaten Kebumen. Metode Penelitian yang dilakukan adalah kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah deskriptrif kualitatif yang diharapkan mampu mendeskripsikan secara utuh obyek yang diteliti. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa implementasu kurikulum berbasis kewirausahaan diperoleh data rata-rata aspek kewirausahaan sudah diterapkan di sekolah dengan skor wawancara 2,64 dengan kategori baik. Hal ini membuktikan bahwa kewirausahaan sudah diterapkan di jenjang Pendidikan dasar di Kabupaten Kebumen. Desain kurikulum berbasis kewirausahaan di Kabupaten Kebumen adalah (1) terintegrasi pada seluruh mata pelajaran; (2) terpadu dalam ekstrakurikuler; (3) melalui praktik berwirausaha disekolah; (4) terintegrasi pada bahan ajar; (5) pembiasaan dalam kultur sekolah; (6) terintegrasi pada muatan lokal.
References
Alberti, F; S. Sciascia dan A. Poli. 2004. Entrepreneurship Education: Notes on an Ongoing Debate. Disampaikan pada Proceedings of the 14th Annual International Entrepreneurship Conference, University of Nopoli, Federico II, Italy
Astri, W., & Latifah, L. 2016. Pengaruh Personal Attributes, Adversity Quotient dengan Mediasi Self Efficacy TerhadapMinat berwirausaha. Journal.unnes.ac.id, 5(2), 519–531
Badan Pusat Statistik. 2017. Badan Pusat Statistik Tabel Dinamis. Diambil dari Badan Pusat Statistik:https://www.bps.go.id/site/resultTab, diakses 27 April 2019
Balitbang Puskur. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kemdiknas Balitbang Puskur.
Byun Chung-Gyu 1 et.al. 2018. A Study on the Effectiveness of Entrepreneurship Education Programs in Higher Education Institutions: A Case Study of Korean Graduate Programs. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 4 (26)
Fitriati R, dkk. 2011. Entrepreneurship Education The Models Applied in Certain Universities. International Journal of Administrative Science & Organization, 18 (3) ISSN 0854 – 3844
Harianti, D. 2010. Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Hendro, 2011. Dasar - Dasar Kewirausahaan, Erlangga, Jakarta
Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Khabibah. S. 2006. Pengembangan pembelajaran matematika dengan soal terbuka untuk meningkatkan kreatifitas siswa sekolah dasar. Disertasi yang tidak dipublikasikan oleh pascasarjana UNESA .
Muhafid,E.A. 2015. Peningkatan Scientific Skills Siswa melalui Implementasi Model Problem Based Learning (PPL) pada Pembelajaran IPA Di SMP/MTs Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS), 375-384 ISSN: 2407-4659
Nisa, Siti Choirun.2018 Pelaksanaan Ekstrakurikuler Enterpreneur dalam Mengembangkan Karakter Wirausaha Peserta Didik di MTs Negeri 1 Kota Palembang. Skripsi. Prodi Manajemen Pendidikan Islam UIN Raden Fatah Palembang.
Otuya, R; P. Kibas, J. Otuya, 2013. A Proposed Approach for Teaching Entrepreneurship Education in Kenya, Journal of Education and Practice, Vol.4, No.8, pp.204-210
Rachmadyanti, Putri dan Vicky Dwi Wicaksono. 2016. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan:Pendidikan Kewirausahaan Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya
Saroni, M. 2012. Mendidik dan Melatih Entrepreneur Muda.Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Shane, S; E. Locke and C.J. Collins. 2003. Entrepreneurial motivation. Human Resource Management Review, 13(2), 257-279
Suherman, E. 2010. Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfa Beta.
Suwithi, Ni Wayan. 2019. Modul Pelatihanpenguatan Kepala Sekolah Pengembangan Kewirausahaan (MPPKS - KWU). Jakarta: Dirjen GTK Kemendikbud.
Wahyuni, Widia Riska & Hidayati, Wiji. 2017. Peran Sekolah dalam Membentuk Keterampilan Wirausaha Berbasis Tauhid di SD Entrepreneur Muslim Alif-A Piyungan Bantul Yogyakarta. Manageria: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 2, Nomor 2.
Wardhana, Dony S. 2013. 100% Anti Nganggur (Cara Cerdas Menjadi Karyawan atauWirausahawan). Bandung: Ruang Kata
Wibowo, A. 2011. Pendidikan Kewirausahaan (Konsep danStrategi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Wijatno Serian. 2009. Pengantar Entrepreneurship. Jakarta: PT GramediaWidiasarana Indonesia