ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI FISIKA SMA BESARAN, SATUAN, DAN PENGUKURAN DI MAN 2 KOTA JAMBI
Abstract
Sekarang fisika dianggap salah satu pembelajaran yang sulit oleh sebagian besar siswa, yang membuat turunnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran fisika. Kenyataan di lapangan banyak menunjukkan bahwa hasil belajar atau prestasi belajar siswa terhadap pembelajaran fisika rata-rata masih dalam kategori cukup.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa terhadap materi fisika besaran, satuan, dan pengukuran terhadap siswa/siswi kelas X MIA 1 dan 2 di MAN 2 Kota Jambi. Pemahaman siswa terhadap materi besaran, satuan, dan pengukuran akan dilihat dari data yang terkumpul melalui teknik pengumpulan data secara kuesioner/penyebaran angket berupa soal fisika materi besaran, satuan, dan pengukuran. Dari uji data normalitas dapat di ketahui bahwa pemahaman siswa terhadap materi besaran, satuan, dan pengukuran rata-rata 64,7 yang bisa dikategorikan cukup. Maka, diperlukan evaluasi lebih lanjut terhadap proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar/pemahaman siswa terhadap materi fisika.
Downloads
Abstract
Sekarang fisika dianggap salah satu pembelajaran yang sulit oleh sebagian besar siswa, yang membuat turunnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran fisika. Kenyataan di lapangan banyak menunjukkan bahwa hasil belajar atau prestasi belajar siswa terhadap pembelajaran fisika rata-rata masih dalam kategori cukup.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman siswa terhadap materi fisika besaran, satuan, dan pengukuran terhadap siswa/siswi kelas X MIA 1 dan 2 di MAN 2 Kota Jambi. Pemahaman siswa terhadap materi besaran, satuan, dan pengukuran akan dilihat dari data yang terkumpul melalui teknik pengumpulan data secara kuesioner/penyebaran angket berupa soal fisika materi besaran, satuan, dan pengukuran. Dari uji data normalitas dapat di ketahui bahwa pemahaman siswa terhadap materi besaran, satuan, dan pengukuran rata-rata 64,7 yang bisa dikategorikan cukup. Maka, diperlukan evaluasi lebih lanjut terhadap proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar/pemahaman siswa terhadap materi fisika.
References
Dani, Rahma., Latifah, Ayu , N., Putri, A, S. (2019). Penerpan Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Melalui Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Gerak Lurus. Jurnal EduFisika. 4 (2), 24-38.
Jufrida., Basuki, Rahmat, F., Pangestu, D,M., Prasetya, Djati, A, N. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA dan Literasi Sains di SMP Negeri 1 Muaro Jambi. Jurnal Edufisika. 4 (2), 31-38.
Kurnia, Nila., Hendri, Menza., Pathoni, Haerul. (2016). Hubungan Persepsi dengan hasil Belajar Kelas X MIA di SMA Negeri 4 Kota Jambi dan SMA Negeri 11 Kota Jambi. Jurnal Edufisika, 1(1), 55-63.
Oktaviana, Dina., Jufrida., Darmaji. (2016). Penerapan Berbasis Multiple Intelences Untuk meningkatkan Aktivitas dan hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi kalor dan Perpindahan Kalor kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambi. Jurnal Edufisika. 1(1), 7-12.
Purwunto, Eko, A., Henri, Menza., Susanti, Nova. (2016). Studi Perbandingan Belajar Siswa Mengggunakan Media Phet Simulation Dengan Alat Peraga PAda Pokok BAhasan Listrik Magnet di Kelas IX SMPN 12 Kabupaten Tebo. Jurnal Edufisika, 1(1), 22-27.
Suwondo., Astalini., Darmaji. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Edufisika, 4 (2), 39-47.
Taqwa, Arief, R, M., Faizah, Refnika., Rivaldo, Lugi. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis POE dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahsiswa pada Topik Fluida Statis. Jurnal Edufisika. 4(1), 6-13.