MODEL PENGEMBANGAN WISATA BAHARI UNTUK MENINGKATKAN MINAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI ISTANA TAMBAK BULUSAN DEMAK
Abstract
Studi ini mengkaji model pengembangan Wisata Bahari di Istana Tambak Bulusan Demak. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Data - data penelitian ini bersumber dari pihak pengelola objek wisata, pemerintah dan masyarakat. Teknik pengumpulan data melalui obeservasi dan wawancara mendalam. Hasil dari studi ini menjelaskan untuk dapat meningkatkan minat kunjungan wisatawan di wisata bahari Tambak Bulusan Demak yaitu dengan pengembangan beberapa komponen produk wisata secara optimal. Mulai dari atraksi, aksesibilitas, amenitas. Namun, terdapat beberapa aspek pada komponen produk wisata tersebut belum semua terpenuhi dengan baik sehingga perlu adanya model pengembangan yang sesuai dengan kondisi di wilayah pesisir
Kata kunci: pengembangan, komponen wisata, wisata bahari
Downloads
References
Baretto, M. (2015). Strategi pengembangan objek wisata air panas Desa Marobo Kabupaten Bobonaro Timor Leste. Jurnal Ekonomi Bisnis Universitas Udayana, 4(11).
Gruescu, R., Nanu, R., & Pirvu, G. (2008). Human resource management in tourism industry. Annals of the University of Oradea: Economic Science Series, 65(2), 168–173.
Gunadi, A., Hasim, A., & Zainuddin, R. (2022). Implementasi program pengembangan kewirausahaan. Jurnal Kebijakan Publik, 13(3), 15.
Muljadi, A. J., & Warman, A. (2014). Kepariwisataan dan perjalanan. Jakarta: Raja Grafindo.
Pemerintah Kabupaten Demak. (2019). Peraturan Daerah Kabupaten Demak Nomor 5 Tahun 2019 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Demak Tahun 2019–2029.
Pemerintah Kabupaten Demak. (2020). Data kunjungan sektor pariwisata di Pantai Istambul Glagah Wangi. http://data.demakkab.go.id
Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. (2009). Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 9 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil di Provinsi Jawa Tengah.
Satria, D. (2009). Strategi pengembangan ekowisata berbasis ekonomi lokal dalam rangka program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Malang. Journal of Indonesia Applied Economics, 3(1), Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya.
Sawena, I. K., & Widyatmaja, I. G. N. (2010). Pengantar dasar ilmu pariwisata. Denpasar: Udayana University Press.
Suwarti, S., & Yuliamir, H. (2017). Pengembangan daya tarik wisata desa wisata Kampung Keji sebagai atraksi wisata guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan di Kabupaten Semarang. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 13(1). http://ejournal.stipram.net
Wahyudi, A. (2021). Pengembangan wisata alam Kandung menjadi kawasan wisata lokal yang berwawasan lingkungan. Jurnal Publiciana, 14(2), 106–116. https://doi.org/10.36563/p.v13i2.174
Wahyudi, I. (2021). Konsep pengembangan pariwisata. Diakses pada 11 Januari 2021 dari http://cvinspireconsulting.com







