ANALISIS PEMBERIAN DISKON TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN DIMASA PANDEMIC COVID-19
Abstract
Wabah covid 19 telah menjadikan berbagai sektor kehidupan terganggu, baik pendidikan, ekonomi dan kehidupan sehari hari. Sektor ekonomi yang menjadi objek penelitian ini pun ikut terganggu. Banyak pusat perbelanjaan tutup yang berimbas pada pemutusan hubungan kerja. Sebagian lagi tetap buka dengan memberikan berbagai insentif kepada pelanggan seperti harga diskon atau mengantarkan barang langsung kerumah. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana pemberian diskon menarik minat beli konsumen khususnya Gadget dimasa pandemik ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei memakai teknik purposive sampling, dimana penulis menyebarkan kuesioner kepada responden yang berjumlah 250 orang untuk dimintai pendapatnya bagaimana diskon mampu menambah minat beli konsumen dimasa pandemik covid 19. Periode survei dilakukan selama satu bulan pada periode Juni 2020. Dari 250 kuesioner yang disebar ada 220 kuesioner yang kembali dan diisi oleh responden. Hasilnya mayoritas masyarakat memilih untuk tidak membeli gadget meski dengan pemberian diskon kecuali sebagian kecil yang tetap membeli karena kebutuhan.
Downloads
Abstract
Wabah covid 19 telah menjadikan berbagai sektor kehidupan terganggu, baik pendidikan, ekonomi dan kehidupan sehari hari. Sektor ekonomi yang menjadi objek penelitian ini pun ikut terganggu. Banyak pusat perbelanjaan tutup yang berimbas pada pemutusan hubungan kerja. Sebagian lagi tetap buka dengan memberikan berbagai insentif kepada pelanggan seperti harga diskon atau mengantarkan barang langsung kerumah. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana pemberian diskon menarik minat beli konsumen khususnya Gadget dimasa pandemik ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei memakai teknik purposive sampling, dimana penulis menyebarkan kuesioner kepada responden yang berjumlah 250 orang untuk dimintai pendapatnya bagaimana diskon mampu menambah minat beli konsumen dimasa pandemik covid 19. Periode survei dilakukan selama satu bulan pada periode Juni 2020. Dari 250 kuesioner yang disebar ada 220 kuesioner yang kembali dan diisi oleh responden. Hasilnya mayoritas masyarakat memilih untuk tidak membeli gadget meski dengan pemberian diskon kecuali sebagian kecil yang tetap membeli karena kebutuhan.
References
Kusnawan, A., Diana, S., Andy, A., & Tjong, S. (2019). Pengaruh Diskon pada Aplikasi e-Wallet terhadap Pertumbuhan Minat Pembelian Impulsif Konsumen Milenial di Wilayah Tangerang. Jurnal Sains Manajemen, 5(2), 137–160.
Lee, J. E., & Chen-Yu, J. H. (2018). Effects of price discount on consumers’ perceptions of savings, quality, and value for apparel products: mediating effect of price discount affect. Fashion and Textiles, 5(1). https://doi.org/10.1186/s40691-018-0128-2
Nangoy, C. L., Tumbuan, W. J. F. A., & Program, M. (2018). the Effect of Advertising and Sales Promotion on Consumer Buying Decision of Indovision Tv Cable Provider. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3), 1228–1237. https://doi.org/10.35794/emba.v6i3.20179
Nazir, M. (2009). Metode Penelitian (Ketujuh). Galia: Ghalia Indonesia.
Putra, E. W., Kumadji, S., & Yulianto, E. (2016). KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Study pada konsumen yang membeli produk diskon di Matahari Department Store Pasar Besar Malang ). PENGARUH DISKON TERHADAP MINAT BELI SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN (Study Pada Konsumen Yang Membeli Produk Diskon Di Matahari Department Store Pasar Besar Malang, 38(2), 184–193.
Santini, F. de O., Sampaio, C. H., Perin, M. G., & Vieira, V. A. (2015). An analysis of the influence of discount sales promotion in consumer buying intent and the moderating effects of attractiveness. Revista de Administração, 50(4), 416–431. https://doi.org/10.5700/rausp1210
Sudrajat, R. H., Putri, B. P., & Putri, C. N. (2017). PENGARUH POTONGAN HARGA TERHADAP MINAT BELI ( Studi Pada Potongan Harga di Iklan Televisi Bukalapak . com Versi Hari Belanja Online Nasional 2015 terhadap Minat Beli Remaja di Kota Bandung). 4(1), 972–984. Retrieved from https://repository.telkomuniversity.ac.id/home/catalog.html
TANG, T., & HAO, L. (2017). Research on the Influence of Price Promotion on Consumer Purchase Decision under Network Environment. 168, 220–224. https://doi.org/10.2991/icetem-17.2017.49
Werdani, R. E., Kurniawati, N. I., Sukoco, J. B., Windriya, A., & Iskandar, D. (2020). Pelatihan Pemasaran Produk Homemade Melalui Sosial Media. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 1. https://doi.org/10.30595/jppm.v4i1.4655