PENGARUH MEDIA SOSIAL SEBAGAI SUMBER INFORMASI PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI

  • Bagas Putra Prakasa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ratna Nurdiana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Ninies Eryadini Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Abstract

Penelitian ini dapat dilakukannya dengan tujuan agar dapat mengetahui pengaruh media sosial sebagai sumber informasi pendidikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Muhammadiyah 4 Lamongan. Sedangkan pada sampel yang menggunakan sebanyak 25 responden dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Metode pengolahan data menggunakan bantuan program SPSS 24 dan teknik analisis yang digunakan adalah uji parsial (uji t), uji regresi linear sederhana dan uji normalitas. Hasil penelitian uji t menunjukkan bahwa variabel media sosial sebagai sumber informasi pendidikan berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap variabel minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan media sosial sebagai sumber informasi pendidikan terhadap minat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Dan berdasarkan hasil analisis normalitas data yang didistribusikan diketahui bahwa Asymp. Sig (2-tailed) > taraf signifikasi (α = 0,05) atau 0,204 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa data tersebut normal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amina Raehani, S., Istiyarini, L., & Pendidikan Profesi Guru, P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Kimia Siswa Kelas X.1 di SMA Negeri 4 Mataram. Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 169–174.
Gergul, S., Gorodnycha, L., Olkhovyk, M., & Panchenko, V. (2025). The Effectiveness of using Information Verification Services in the Training of Future Teachers. WSEAS Transactions on Computer Research, 13, 297–312. https://doi.org/10.37394/232018.2025.13.28
Jinlong, G. (n.d.). Культура и технологии электронный мультимедийный журнал Application of Intellectual Educational Technologies in Vocational Education. https://cat.itmo.ru/ru/2024/v9-i4/518
Lertbumroongchai, K., Janratchakool, W., & Nittayathammakul, V. (2025). Using Virtual Reality and Conversational AI to Enhance High School Students’ Intentions to Pursue Computer Science: Insights from the CS RMUTT Virtual Tour. Studies in Media and Communication, 13(3), 87–102. https://doi.org/10.11114/smc.v13i3.7683
Maxmudova, D. B., Khudoynazarov, E. M., Pazilova, M. E., Alyaminov, K. I., Abilova, G. J., Sherimbetova, Z., & Korabayev, S. A. (2024). Improving Media Literacy Among Higher Education Students Through Vitagenic Information. Qubahan Academic Journal, 4(4), 411–442. https://doi.org/10.48161/qaj.v4n4a1230
Perusahaan, H. A., Apipsu, P., & Perusahaan, M. (n.d.). Strategi Promosi Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Memilih Institusi Pendidikan Tinggi.
Pimdee, P., Ridhikerd, A., Moto, S., Siripongdee, S., & Bengthong, S. (2023). How social media and peer learning influence student-teacher self-directed learning in an online world under the ‘New Normal.’ Heliyon, 9(3). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e13769
Santikasari, S., & Laksmini, P. (2019). Hubungan Sumber Informasi Dengan Pemakaian Kontrasepsi di Kelurahan Merak Tangerang. Jurnal Ilmu Kesehatan Bhakti Husada: Health Sciences Journal, 10(1), 74–87. https://doi.org/10.34305/jikbh.v10i1.87
Sari, A. C., Hartina, R., Awalia, R., & Iriyanti, H. (2018). Komunikasi Dan Media Sosial. https://www.researchgate.net/publication/329998890
Shabbir, T., Manan, S., & Ayaz, H. (2025). Social Media as a Learning Tool: Impacts on Collaborative Learning and Knowledge Sharing. Journal of Social Sciences Review, 5(1), 229–240. https://doi.org/10.62843/jssr.v5i1.485
Suharyat, Y., Pd, M., & Abstrak, ). (n.d.). Hubungan Antara Sikap, Minat Dan Perilaku Manusia.
Published
2025-07-25
How to Cite
PRAKASA, Bagas Putra; NURDIANA, Ratna; ERYADINI, Ninies. PENGARUH MEDIA SOSIAL SEBAGAI SUMBER INFORMASI PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 291-300, july 2025. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/6626>. Date accessed: 06 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v9i1.6626.