BAGAIMANA PERAN FINTECH DALAM MENGUBAH GAYA HIDUP FINANSIAL GENERASI MILENIAL
Abstract
Perkembangan teknologi digital membawa banyak perubahan dalam dunia keuangan, salah satunya melalui kehadiran Financial Technology (Fintech). Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana fintech memengaruhi gaya hidup finansial generasi milenial yang dikenal dekat dengan teknologi. Penelitian dilakukan dengan metode deskriptif, kualitatif melalui observasi, studi pustaka, dan wawancara dengan generasi milenial di Kabupaten Situbondo. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan fintech di kalangan milenial terus meningkat. Mereka merasakan kemudahan dalam mengakses layanan keuangan, melakukan transaksi lebih cepat, serta terbantu dengan berbagai fitur pembayaran digital yang semakin praktis. Selain itu, fintech juga mendorong perubahan dalam cara mereka mengelola keuangan, seperti mulai menabung dan berinvestasi. Meski begitu, masih ada tantangan, terutama terkait rendahnya pemahaman keuangan dan potensi terjebak dalam utang akibat pinjaman online yang mudah diakses. Untuk itu, diperlukan edukasi keuangan yang lebih luas dan pengawasan yang lebih kuat agar fintech bisa dimanfaatkan dengan bijak dan bertanggung jawab.
Downloads
References
Arifin, A. H. (2017). Hedonic Treadmill Syndrome Terhadap Penggunaan Financial Technology pada Generasi Millennial.
Arner, D. W., Barberis, J., & Buckley, R. P. (2016). The evolution of FinTech: A new post-crisis paradigm? University of Hong Kong Faculty of Law Research Paper No. 2015/047. https://doi.org/10.2139/ssrn.2676553
Chishti, S., & Barberis, J. (Eds.). (2016). The FINTECH book: The financial technology handbook for investors, entrepreneurs and visionaries. Wiley.
Creswell, J. W (2014) Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches: SAGE Publications
Gomber, P., Kauffman, R. J., Parker, C., & Weber, B. W. (2018). On the fintech revolution: Interpreting the forces of innovation, disruption, and transformation in financial services. Journal of Management Information Systems, 35(1), 220–265. https://doi.org/10.1080/07421222.2018.1440766
Hakim, L. dan Hapsari, R. A. (2022) Buku Ajar Financial Technology Law: Penerbit Adab.
Hasibuan, A. (2022). Manajemen keuangan digital: Perspektif milenial dan fintech. Deepublish.
Hidayat, A., & Sari, R. (2022). Pengaruh literasi keuangan, fintech digital payment & gaya hidup terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Makassar. Jurnal Ekonomi Digital dan Bisnis, 6(1), 55–68. https://journal.unimaramni.ac.id/index.php/EBISMEN/article/download/2712/2493/9249
Howe & Strauss (2000), Millennials Rising: The Next Great Generation. Vintage Books: Aldine publishing company
Kou, G., Chao, X., Peng, Y., & Alsaadi, F. E. (2021). Digital finance: Security and privacy in FinTech. Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-33-6667-5
Liana W., Putra I. H., Kosadi F., Adrian (2024) Financial Teknologi Pengantar Dan Inovasi Teknologi Keuangan. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia
Lusardi, A., Mitchell, O. S., & Curto, V. (2010). Financial literacy among the young. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 358–380. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01173.x
Mollenkamp, C. (2017). The rise of FinTech: Financial services explained. FinTech Publishing Group.
Nicoletti, B. (2017). FinTech revolution: Universal inclusion in the new financial ecosystem. Palgrave Macmillan. https://doi.org/10.1007/978-3-319-42448-4
Nugroho, T. (2023). Fintech dan transformasi gaya hidup konsumen muda. Deepublish.
Puschmann, T. (2017). Fintech and the transformation of the financial industry. Electronic Markets, 27(3), 197–207. https://doi.org/10.1007/s12525-017-0259-8
Putra, Y. S. (2016). Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Anong Makarti, 9(18), 129
Putri, I. G. A. M. D., & Hascaryani, N. P. (2022). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Investasi pada Fintech di Kalangan Generasi Milenial di Jabodetabek. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 25(1), 45–56. https://doi.org/10.18196/ijief.3230
Rahadi. D. R (2020), Financial Technology: It Is An Emerging Industry That Uses Technology To Improve Activities In Finance: PT. Filda Fikrindo
Rahimah A., Arifin, L.N. Ramadhani, Z. A., Arsyanda, S. (2025) Konsumen Cerdas di Era AI: Transformasi Marketing, Pariwisata, dan Fintech: Deepublish
Rianto, H., Olivia, H., & Fahmi, A. (2020). Penguatan Tata Kelola Dan Manajemen Keuangan Pada Pelaku Usaha Di Kawasan Wisata Tiga Ras Danau Toba. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(2), 291–299. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i2.2050
Setiawan, H., & Kartika, D. (2020). Literasi keuangan di era digital. Alfabeta.
Siregar, A., & Fitriani, R. (2021). Perilaku konsumen digital: Antara gaya hidup dan teknologi finansial. Prenadamedia Group.
Surachman A. D., Zuhra S., Tarmizi R., Anantadjaya S. P., Nagari A., Pekerti R.D., Yuliastuti H., Langoyu N. Y., Devila R., Annas M., Munir S., Anggraini D. T., Tadjie G. S., Basmar E., Ayuandiani W., Meliana, Sutanti (2024) Manajemen keuangan di era digital. Banten: Sada Kurnia Pustaka
Wardhana, A., et al. (2023). Disrupsi dan inovasi teknologi keuangan (Financial Technology–Fintech). Research Report. https://www.researchgate.net/publication/382064107_Disrupsi_dan_Inovasi_Teknologi_Keuangan_Financial_Technology-Fintech
Herdinata, C. & Pranatasari, F. D. (2025) Transformasi Keuangan Digital: Strategi Membangun Ekosistem dan Mendorong Inklusi Keuangan yang Berkelanjutan. Yogyakarta: Deepublish.







