UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MENGGUNAKAN MEDIA ECOPRINT PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI 1 KENDAGA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak menggunakan media ecoprint pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 1 Kendaga. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan kreativitas anak yang belum optimal, hal tersebut terlihat dari kegiatan pembelajaran dimana anak kesulitan untuk menuangkan imajinasinya dalam sebuah hasil karya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun atau kelompok B sebanyak 31 anak yang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar anak mengalami peningkatan, yaitu pada siklus 1 sampai dengan siklus 2. Pada pratindakan presentase kreativitas anak hanya mencapai 39%, kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 59% dan siklus 2 meningkat menjadi 86%. Berdasarkan data tersebut media ecoprint efektif digunakan untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 1 Kendaga.
Downloads
References
Amaliyah, N. (2024). Efektifitas Metode Proyek Melalui Kegiatan Ecoprint Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Di Kelompok B RA Putra Harapan Gondang. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1.
Anwar, R. N. (2023). Implementasi Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Program Sekolah Penggerak.
Dwiputri, S. W. (2023). Penggunaan Teknik Ecoprint Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Humairoh Pusat Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.
Istiana, Y. (2017). Konsep-konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Publishing.
Nasrullah, A. F. (2024). Pengaruh Membatik Dengan Teknik Ecoprint Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Badariyah.
Safitri, N. F., Astini, B. N., Sriwarthini, N. L., & Rachmayani, I. (2023). Efektivitas Penerapan Teknik Ecoprint Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun.
Saka Wening, D. (2024). Penerapan Media Ecoprint Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Ar-Rozaq 1 Sabah Balau Lampung.
Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, Sitorus, A. S., Armayanti, R., & Lubis, H. Z. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Perdana Mulya Saran.
SM Susanti, dkk. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal melalui kegiatan Eco print di masa pandemic covid-19.
Winarti, P. (2019). Menumbuhkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Kolase Dengan Kertas Lipat Pada Kelompok B TK Dana Warga Kecamatan Simokerto Surabaya.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96.







