UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MENGGUNAKAN MEDIA ECOPRINT PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI 1 KENDAGA

  • Ani Wardatun Laely Hasanah Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Habib Hambali Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak menggunakan media ecoprint pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 1 Kendaga. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan kreativitas anak yang belum optimal, hal tersebut terlihat dari kegiatan pembelajaran dimana anak kesulitan untuk menuangkan imajinasinya dalam sebuah hasil karya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun atau kelompok B sebanyak 31 anak yang terdiri dari 15 anak laki-laki dan 16 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar anak mengalami peningkatan, yaitu pada siklus 1 sampai dengan siklus 2. Pada pratindakan presentase kreativitas anak hanya mencapai 39%, kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 59% dan siklus 2 meningkat menjadi 86%. Berdasarkan data tersebut media ecoprint efektif digunakan untuk meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi 1 Kendaga.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alawiyah, T. (2024). Upaya Penerapan Media Ecoprint Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Di RA Al Hasanah Muara Megang Musi Rawas.
Amaliyah, N. (2024). Efektifitas Metode Proyek Melalui Kegiatan Ecoprint Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Di Kelompok B RA Putra Harapan Gondang. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1.
Anwar, R. N. (2023). Implementasi Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Program Sekolah Penggerak.
Dwiputri, S. W. (2023). Penggunaan Teknik Ecoprint Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Humairoh Pusat Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar.
Istiana, Y. (2017). Konsep-konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Perdana Publishing.
Nasrullah, A. F. (2024). Pengaruh Membatik Dengan Teknik Ecoprint Terhadap Perkembangan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Al-Badariyah.
Safitri, N. F., Astini, B. N., Sriwarthini, N. L., & Rachmayani, I. (2023). Efektivitas Penerapan Teknik Ecoprint Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun.
Saka Wening, D. (2024). Penerapan Media Ecoprint Untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Ar-Rozaq 1 Sabah Balau Lampung.
Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., Rohani, Nurhayani, Sitorus, A. S., Armayanti, R., & Lubis, H. Z. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Perdana Mulya Saran.
SM Susanti, dkk. (2021). Inovasi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Kearifan Lokal melalui kegiatan Eco print di masa pandemic covid-19.
Winarti, P. (2019). Menumbuhkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Kolase Dengan Kertas Lipat Pada Kelompok B TK Dana Warga Kecamatan Simokerto Surabaya.
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96.
Published
2025-05-03
How to Cite
HASANAH, Ani Wardatun Laely; HAMBALI, Habib. UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MENGGUNAKAN MEDIA ECOPRINT PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI 1 KENDAGA. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 28-40, may 2025. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/6334>. Date accessed: 07 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v9i1.6334.