OPTIMASI PENJUALAN PRODUK TAS DI MARKETPLACE : PENDEKATAN LINEAR PROGRAMMING UNTUK MAKSIMASI KEUNTUNGAN PENJUALAN DI ERA BISNIS ONLINE

  • Mokhammad Ridha Universitas Mayjen Sungkono
  • Zenita Afifah Fitriyani Universitas Mayjen Sungkono
  • Elly Joenarni Universitas Mayjen Sungkono
  • Fajar Budiyanto Universitas Mayjen Sungkono

Abstract

Perkembangan e-commerce telah meningkatkan persaingan bisnis online di marketplace. Pelaku usaha perlu menerapkan strategi yang tepat untuk mengoptimalkan keuntungan, terutama dalam mengelola stok produk, alokasi modal, dan biaya operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan keuntungan penjualan berbagai jenis tas di marketplace dengan menggunakan metode Linear Programming. Model optimasi yang dikembangkan mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk biaya produksi, biaya komisi marketplace, biaya pengemasan, biaya iklan, dan biaya gudang. Penelitian ini menggunakan metode Simplex untuk menyelesaikan model optimasi, dengan fungsi tujuan memaksimalkan keuntungan bersih setelah dikurangi semua biaya operasional. Kendala yang digunakan dalam model meliputi batasan modal, kapasitas penyimpanan maksimal, serta batasan permintaan maksimum untuk setiap jenis tas. Hasil optimasi menunjukkan bahwa kombinasi jumlah unit yang optimal adalah 300 unit tas ransel, 200 tas selempang, 120 tas pinggang, dan 80 tas jinjing. Dengan strategi ini, keuntungan maksimal yang dapat diperoleh adalah Rp40.926.000, mengalami peningkatan sebesar 31,99% dibandingkan strategi konvensional tanpa optimasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode Linear Programming dapat menjadi alat yang efektif dalam membantu pelaku usaha mengambil keputusan berbasis data untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memaksimalkan keuntungan di marketplace. Model ini dapat diterapkan pada berbagai jenis bisnis online yang memiliki kendala serupa dalam alokasi modal, manajemen stok, dan biaya operasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N., Khikmawati, E., & Wardana, M. W. (2022). Optimization of bread production with linear programming method (case study: CV. Roti Ca). JURNAL REKAYASA INDUSTRI (JRI). https://api.semanticscholar.org/CorpusId:248442242
Andito Nurdaviq Lazuardi, Lily Montarcih Limantara, & Tri Budi Prayogo. (2023). Studi Optimasi Pemanfaatan Air Irigasi Bendungan Batu Tegi Menggunakan Program Linier. Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sumber Daya Air, 4(1), 343–356. https://doi.org/10.21776/ub.jtresda.2024.004.01.029
Hasanah, U., Putrawangsa, S., & Kumoro, D. (2019). Applying Linear Programming in Business Decision Making: A Case of Profit Maximization of a Commercial Housing Development. European Journal of Business and Management. https://api.semanticscholar.org/CorpusId:212785957
Inderawati, M. M. W., Hidayat, T. P., Sugioko, A., Wong, F., Surya, A., Mekel, B., & Milano, Y. (2023). Teknik Memanggil Kaum Milenial (TMKM) untuk Modul Optimasi menggunakan Linear Programing dengan Excel Solver. Jurnal Pengabdian Masyarakat Charitas, 3(01), 15–20. https://doi.org/10.25170/charitas.v3i01.4578
Joenarni, E., Ridha, M., Kridaningsih, A., & Sholeh, R. (2024). Pengaruh Program Kemitraan dan Endorsement terhadap Efektivitas Digital Marketing: Peran Mediasi Kesadaran Merek pada UMKM. Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 7(3), 509–525. https://doi.org/10.36815/bisman.v7i3.3462
Junaidi, J., Afifudin, M. T., & Sahar, D. P. (2023). OPTIMISASI BIAYA PRODUKSI DAN PENDAPATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE GOAL PROGRAMMING PADA ISTANA ROTI DAN ES HILYAH BAKERY. i tabaos, 3(2), 93–101. https://doi.org/10.30598/i-tabaos.2023.3.2.93-101
Kotler, P., Keller, K. L., & Chernev, A. (2022). Marketing management (Sixteenth edition, global edition). Pearson.
Ridha, M., & Budiyanto, F. (2025). ANALISIS PENGARUH INTERNET OF THINGS (IoT), DIGITAL MINDSET, DAN DEMOGRAFI TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI ONLINE. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 5(1), 157–168. https://doi.org/10.51878/cendekia.v5i1.4154
Silalahi, P. R., Wahyudi, I. H., Taufiq, M., & Rahman, Z. (2022). PERAN E-COMMERCE DALAM MENOPANG KEBERHASILAN UMKM DI INDONESIA. 7(4).
Wakiden, Y., Wungguli, D., Achmad, N., & Abas, N. (2024). Analisis Sensitivitas Model Linear Programming dalam Optimalisasi Penjualan Produk di Toko Anggrek Plastik. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 12(1), 82–89. https://doi.org/10.37905/euler.v12i1.21625
Published
2025-07-25
How to Cite
RIDHA, Mokhammad et al. OPTIMASI PENJUALAN PRODUK TAS DI MARKETPLACE : PENDEKATAN LINEAR PROGRAMMING UNTUK MAKSIMASI KEUNTUNGAN PENJUALAN DI ERA BISNIS ONLINE. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 278-290, july 2025. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/6316>. Date accessed: 06 dec. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v9i1.6316.