UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MENGECAP PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN
Abstract
Observasi ini di dilakukan di sebuah Lembaga Kelompok Bermain menjadi dasar penelitian ini. Berdasarkan observasi tersebut dapat dikatakan kemampuan motorik halus anak pada usia 4-5 tahun masih terlalu rendah. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian yang berjudul "Upaya Meningkatkan Motorik Halus melalui kegiatan Mengecap pada anak uisia 4-5 tahun”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak sebelum dan sesudah latihan mengecap. Adapun pengumpulan data sebagai acuan penilaian menggunakan instrument hasil karya.. Dapat disimpulkan dalam penelitian ini yaitu melalui kegiatan mengecap dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada usia 4-5 tahun. Berdasarkan kesimpulan hasil peneliatian ini : (1). PendidikKelompok Belajar hendaknya dapat menerapkan kegiatan mengecap guna untuk mengembangkan motorik halus anak, (2). Pendidik dapat menggunaka alat dan bahan yang ada disekitar lingkungan sekolah.
Downloads
References
Iksan, F., Wondal, R., & Arfa, U. (2020a). Peran Kegiatan Mengecap Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v2i2.2109
Iksan, F., Wondal, R., & Arfa, U. (2020b). Peran Kegiatan Mengecap Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v2i2.2109
Kamelia, N. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak ) Stppa Tercapai Di Ra Harapan Bangsa Maguwoharjo Condong Catur Yogyakarta. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.24014/kjiece.v2i2.9064
Nugraha, F. E. (2017). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Identifikasi Tk Gugus Iii Kecamatan Piyungan Bantul. Pendidikan Guru PAUD S-1, 6(4), Article 4.
Purwati, I., & Wathon, A. (2023). Upaya Peningkatan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Mengecap Dengan Sayuran Pada Kelompok B (1). 6(1), Article 1.
Widiastuti, T., Musi, M. A., & Rahmatiah, R. (2021). Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini Kelompok A Melalui Kegiatan Mengecap Menggunakan Pelepah Pisang di TK Siwidhono Kab. Ngawi Jawa Timur. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 3(4), Article 4.
Widodo, H. (2020). Dinamika Pendidikan Anak Usia Dini. Alprin.







