ANALISA PENERIMAAN PENGGUNA WEBSITE PERGURUAN TINGGI MENGGUNAKAN MODEL TEKNOLOGI ACCEPTABLE MODEL 2 DI KAB. SITUBONDO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan pengguna terhadap website perguruan tinggi di Kabupaten Situbondo dengan menggunakan model Technology Acceptance Model 2 (TAM 2). Data primer dikumpulkan melalui observasi menggunakan alat analisis berbasis internet seperti SimilarWeb, sementara data sekunder diperoleh melalui kuesioner yang disebar kepada pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website Universitas Ibrahimy memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dua website lainnya, dengan jumlah kunjungan dan durasi kunjungan yang lebih tinggi. Analisis TAM mengungkapkan bahwa Perceived Usefulness berpengaruh negatif namun signifikan terhadap Behavioral Intention to Use, sedangkan Perceived Ease of Use memiliki pengaruh positif signifikan. Berdasarkan analisis TAM 2, ditemukan bahwa Subjective Norm berpengaruh negatif terhadap Perceived Usefulness, sementara Job Relevance dan Output Quality memiliki pengaruh positif. Penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan relevansi pekerjaan dan kualitas output website perguruan tinggi untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
Downloads
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerimaan pengguna terhadap website perguruan tinggi di Kabupaten Situbondo dengan menggunakan model Technology Acceptance Model 2 (TAM 2). Data primer dikumpulkan melalui observasi menggunakan alat analisis berbasis internet seperti SimilarWeb, sementara data sekunder diperoleh melalui kuesioner yang disebar kepada pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website Universitas Ibrahimy memiliki kinerja yang lebih baik dibandingkan dua website lainnya, dengan jumlah kunjungan dan durasi kunjungan yang lebih tinggi. Analisis TAM mengungkapkan bahwa Perceived Usefulness berpengaruh negatif namun signifikan terhadap Behavioral Intention to Use, sedangkan Perceived Ease of Use memiliki pengaruh positif signifikan. Berdasarkan analisis TAM 2, ditemukan bahwa Subjective Norm berpengaruh negatif terhadap Perceived Usefulness, sementara Job Relevance dan Output Quality memiliki pengaruh positif. Penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan relevansi pekerjaan dan kualitas output website perguruan tinggi untuk meningkatkan pengalaman pengguna.
References
Kamal, M., R. Andriadi, H. Herwanto, and ... 2022. “Factors Determining the Behavioral Intention to Use ConSite Application for Heavy Machine Management System: Using TAM 2 Model.†Proceedings of the 5th ….
Kriyantono, R. 2020. “Efektivitas Website Perguruan Tinggi Negeri Sebagai Penyedia Informasi Bagi Mahasiswa.†Jurnal Studi Komunikasi.
Paramaeswari, R. P. I., and R. Sarno. 2020. “Analysis of E-Commerce (Bukalapak, Shopee, and Tokopedia) Acceptance Models Using TAM2 Method.†2020 International Seminar on ….
Scherer, R., F. Siddiq, and J. Tondeur. 2019. “The Technology Acceptance Model (TAM): A Meta-Analytic Structural Equation Modeling Approach to Explaining Teachers’ Adoption of Digital Technology in Education.†Computers &education.
Sukmasetya, P., A. Setiawan, and ... 2020. “Penggunaan Usability Testing Sebagai Metode Evaluasi Website Krs Online Pada Perguruan Tinggi.†JST (Jurnal Sains Dan ….