INOVASI PENGAJARAN MATEMATIKA DI ERA DIGITAL MELALUI TIKTOK (MBAH MELAN)

  • Indah Rosiana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Winditiya Yuliana Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Shifwah Salsabila Zahira UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Teknologi semakin meningkat seiring dengan diluncurkannya revolusi industri 4.0. Media pembelajaran di era digital harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Era digital telah membuka peluang besar untuk mengembangkan inovasi dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, terutama dalam pengajaran matematika. Salah satu platform yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan ini adalah TikTok, yang sangat populer di kalangan generasi muda. TikTok, yang dikenal dengan video singkat dan kreatif, dapat menjadi media yang efektif untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang menarik dan mudah dicerna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus untuk mengeksplorasi bagaimana TikTok dapat digunakan sebagai media inovatif dalam pengajaran matematika. Dalam penelitian ini, peneliti fokus pada program kreatif yang dinamakan "Mbah Melan" (Matematika Bahagia Melalui TikTok), yang bertujuan untuk menyajikan konsep-konsep matematika secara singkat, menarik, dan mudah dipahami oleh siswa melalui video-video pendek yang interaktif dan penuh kreativitas. Program ini dirancang untuk menyampaikan materi matematika dengan cara yang menghibur, mengurangi rasa takut dan kebosanan yang sering dirasakan siswa terhadap mata pelajaran tersebut. Hasil implementasi dari program "Mbah Melan" menunjukkan bahwa penggunaan TikTok dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa terhadap matematika. Dengan demikian, penggunaan metode pembelajaran berbasis teachtok ini dapat meningkatkan minat belajar siswa.

Downloads

Abstract

Teknologi semakin meningkat seiring dengan diluncurkannya revolusi industri 4.0. Media pembelajaran di era digital harus disesuaikan dengan perkembangan teknologi. Era digital telah membuka peluang besar untuk mengembangkan inovasi dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan, terutama dalam pengajaran matematika. Salah satu platform yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan ini adalah TikTok, yang sangat populer di kalangan generasi muda. TikTok, yang dikenal dengan video singkat dan kreatif, dapat menjadi media yang efektif untuk menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang menarik dan mudah dicerna. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus untuk mengeksplorasi bagaimana TikTok dapat digunakan sebagai media inovatif dalam pengajaran matematika. Dalam penelitian ini, peneliti fokus pada program kreatif yang dinamakan "Mbah Melan" (Matematika Bahagia Melalui TikTok), yang bertujuan untuk menyajikan konsep-konsep matematika secara singkat, menarik, dan mudah dipahami oleh siswa melalui video-video pendek yang interaktif dan penuh kreativitas. Program ini dirancang untuk menyampaikan materi matematika dengan cara yang menghibur, mengurangi rasa takut dan kebosanan yang sering dirasakan siswa terhadap mata pelajaran tersebut. Hasil implementasi dari program "Mbah Melan" menunjukkan bahwa penggunaan TikTok dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa terhadap matematika. Dengan demikian, penggunaan metode pembelajaran berbasis teachtok ini dapat meningkatkan minat belajar siswa.

References

Aditya, D. Y. (2016). Pengaruh penerapan metode pembelajaran resitasi terhadap hasil belajar matematika siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).
Afriani, Dwi Tika dkk. (2024). Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Teknologi untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan. Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara.
Aminah, Neneng, Wahyu, S.B & Rochmad. (2020). Integrasi Teknologi dalam Pengajaran Matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 87-100.
Aziz, Taufiq Nur. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital. Jurnal Islamisasi Ilmu Pengetahuan di Era Revolusi Industri 4.0, 1(2), 309-315.
Assyakurrohim, D., Ikhram, D., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Metode studi kasus dalam penelitian kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 3.
Devi, A. A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1-5.
Dwi Tika Afriani dkk, Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan Teknologi untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan. (Yogyakarta: CV. Bildung Nusantara: 2024), hlm. 170-172.
Fransiska, H., Ansori, Y. Z., & Saputra, D. S. (2021, October). Studi Literature: Tik Tok Sebagai Media Kreatif Dalam Pengajaran Daring Di Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 514-519).
Munawir, M., Mardhiyah, A., & Nailisaadah, S. (2023). Pengaruh Pemanfaatan Youtube sebagai Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam terhadap Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 400-408.
Nurhamidah, S., & Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 42-50.
Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran daring. Akademika, 10(02), 425-436.
Rusdiana, A. Konsep Inovasi Pendidikan (CV. PUSTAKA SETIA, Bandung Barat: 2014).
Sulastri, I., Permana, R. S., & Despitasari, S. Teknologi Video Problem Based Learning sebagai Inovasi Kurikulum Pembelajaran Matematika di Era Digital (may, 2024). Hal 1

Saman, S. (2023). Tinjauan Teoritis Media Pembelajaran Matematika Dengan Aplikasi Tiktok. Jurnal Saintifik (Multi Science Journal), 21(2), 79-88.
Tim Detik Jateng. (2024). “Kegigihan Mbah Melan, Ngajar Matematika Lewat Live Tiktok di Usia 78 Tahun.” Detik Edu, 16 Des 2024, https://www.detik.com/edu/edutainment/d-7386218/kegigihan-mbah-melan-ngajar-matematika-lewat-live-tiktok-di-usia-78-tahun/amp
Wibowo, H. S. (2023). Pengembangan Teknologi Media Pembelajaran: Merancang Pengalaman Pembelajaran yang Inovatif dan Efektif. Tiram Media.
Widodo, Y. B., Sibuea, S., & Narji, M. (2024). Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan: Meningkatkan Pembelajaran Personalisasi. Jurnal Teknologi Informatika dan Komputer, 10(2), 602-615.
Published
2025-01-03
How to Cite
ROSIANA, Indah; YULIANA, Winditiya; ZAHIRA, Shifwah Salsabila. INOVASI PENGAJARAN MATEMATIKA DI ERA DIGITAL MELALUI TIKTOK (MBAH MELAN). CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 8, n. 2, p. 650-664, jan. 2025. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/5938>. Date accessed: 07 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v8i2.5938.