KUALITAS PRODUK PADA INDUSTRI BATIK GENDHIES KOTA BANJAR

  • Iis Miati STIA YPPT Priatim Tasikmalaya

Abstract

Salah satu sektor industri yang terus berkembang dan mempengaruhi pertumbuhan perekonomian di Indonesia adalah fashion. Kreativitas dan inovasi  dari industri fashion asli Negara Indonesia adalah Batik. Berbagai jenis produk batik yang diproduksi seperti batik tulis dan batik cap. Masyarakat dalam memilih fashion batik ini  akan memilih sebuah produk yang berkualitas, baik dilihat dari (quality of design) maupun (quality of conformance). Perkembangan perusahaan salah satu factor utamanya adalah mempunyai kualitas produk. Produk yang berkualitas merupakan suatu kekuatan dari sebuah produk yang telah melakukan fungsi dan kinerjanya untuk dapat memenuhi semua kebutuhan dan keinginan konsumen.  Batik Gendhies Kota Banjar dalam perkembangan  produksinya  tentunya ada kendala  yang dihadapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  kualitas produk batik Gendhies Kota Banjar. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode  penelitian deskriptif. Kualitas produk yang baik selain dari terpenuhinya dimensi-dimensi kualitas produk tetapi juga harus memenuhi factor-faktor kualitas produk.  Penelitian ini menunjukkan  bahwa Batik gendhies sudah memiliki kualitas produksi barang yang sesuai dengan dimensi kualitas produk : (kinerja), (daya tahan), (kesesuaian dengan spesifikasi), (fitur), (reliabilitas), (estetika), (kesan kualitas), (kemampuan layanan). Selain itu batik gendhies juga telah memenuhi semua factor yang mempengaruhi kualitas produk diantaranya sumber daya manusia yang memadai, alat dan bahan yang mencukupi, lingkungan dan ukuran kinerja yang mendukung.

Downloads

Download data is not yet available.

Abstract

Salah satu sektor industri yang terus berkembang dan mempengaruhi pertumbuhan perekonomian di Indonesia adalah fashion. Kreativitas dan inovasi  dari industri fashion asli Negara Indonesia adalah Batik. Berbagai jenis produk batik yang diproduksi seperti batik tulis dan batik cap. Masyarakat dalam memilih fashion batik ini  akan memilih sebuah produk yang berkualitas, baik dilihat dari (quality of design) maupun (quality of conformance). Perkembangan perusahaan salah satu factor utamanya adalah mempunyai kualitas produk. Produk yang berkualitas merupakan suatu kekuatan dari sebuah produk yang telah melakukan fungsi dan kinerjanya untuk dapat memenuhi semua kebutuhan dan keinginan konsumen.  Batik Gendhies Kota Banjar dalam perkembangan  produksinya  tentunya ada kendala  yang dihadapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  kualitas produk batik Gendhies Kota Banjar. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode  penelitian deskriptif. Kualitas produk yang baik selain dari terpenuhinya dimensi-dimensi kualitas produk tetapi juga harus memenuhi factor-faktor kualitas produk.  Penelitian ini menunjukkan  bahwa Batik gendhies sudah memiliki kualitas produksi barang yang sesuai dengan dimensi kualitas produk : (kinerja), (daya tahan), (kesesuaian dengan spesifikasi), (fitur), (reliabilitas), (estetika), (kesan kualitas), (kemampuan layanan). Selain itu batik gendhies juga telah memenuhi semua factor yang mempengaruhi kualitas produk diantaranya sumber daya manusia yang memadai, alat dan bahan yang mencukupi, lingkungan dan ukuran kinerja yang mendukung.

References

Anggraeni, Dita Putri , Kumadji Srikandi, S. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Jurnal Administrasi Bisnis, 37(1), 171–177.

Dewi, R. N., & Rahmat Hidayat. (2015). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Bingka Nayadam Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 32–40.

Hidayati, N., & Widiyanto, I. (2015). Anteseden Customer Value Dan Minat Beli Ulang Pada. 4, 1–10.

Muchlisin, R. (2020). Kualitas Produk (Pengertian, Manfaat, Dimensi, Perspektif dan Tingkatan).

Putra, G., Arifin, Z., & Sunarti, S. (2017). Pegaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya (Survei pada Mahasiswa Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi angkatan 2013 dan 2014 Universitas Brawijaya yang Melakukan Pembelian Paket Data Kampus). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 48(1), 88103.

Putri, R. L. (2016). Peningkatan Kualitas Produk Melalui Penerapan Prosedur dan Sistem Produksi : Studi Pada UD Wijaya Kusuma Kota Blitar. Jurnal Wahana Riset Akuntansi, 4(2), 813–828.

Saraswati, M. L., Pradhanawati, A., & Hidayat, W. (2013). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro, (024), 1–10.

Taufik Shaleh. (2014). Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk ( Studi Kasus Pada Konsumen Produk Batik Merek The Bluesville ). Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik Natural Indigo Dyed.
Published
2020-07-01
How to Cite
MIATI, Iis. KUALITAS PRODUK PADA INDUSTRI BATIK GENDHIES KOTA BANJAR. CERMIN: Jurnal Penelitian, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 53-67, july 2020. ISSN 2615-3238. Available at: <https://unars.ac.id/ojs/index.php/cermin_unars/article/view/572>. Date accessed: 04 july 2024. doi: https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v4i1.572.
Section
Articles